Share on

Akhirnya pengganti Shinzo Abe untuk menjabat sebagai perdana menteri Jepang telah terpilih. Pada hari Senin (14/09/2020), Partai Demokrat Liberal (LDP) telah memilih Yoshihide Suga sebagai presiden baru mereka sekaligus menggantikan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Advertise With Us

Kemenangan Yoshihide Suga tampaknya sudah tidak mengejutkan lagi. Pasalnya, sejak Shinzo Abe menyatakan pengunduran dirinya sebagai perdana menteri Jepang, nama Suga muncul sebagai calon pengganti paling populer. Suga pun memastikan kemenangannya atas kedua saingannya—Shigeru Ishiba, mantan menteri pertahanan, dan Fumiko Kishida, mantan menteri luar negeri. Mayoritas faksi LDP pun memberikan dukungannya; hal ini terlihat ketika Suga memenangkan 377 suara, Kishida 89, dan Ishiba 68 dalam pemungutan suara.

Pada 28 Agustus, Abe mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan perdana menteri karena alasan kesehatan, yaitu penyakit ulcerative colitis yang dideritanya. Hal ini terjadi hanya beberapa hari setelah ia menjadi perdana menteri terlama dalam sejarah Jepang yang berturut-turut menjabat.

Sekarang, perhatian pun ditujukan kepada susunan baru dari Kabinet Suga.

Masa jabatan Yoshihide Suga sebagai presiden LDP pun hanya terbatas pada sisa masa jabatan Abe saat ini, yaitu hingga September 2021 dan pemilu Majelis Rendah harus dilakukan sebelum 21 Oktober 2020.