Berita Jepang | Japanesestation.com

Dilansir dari NHK World, berdasarkan beberapa sumber yang cukup dekat dengan Shinzo Abe menyatakan bahwa Abe berencana untuk mundur dari jabatannya sebagai perdana Menteri Jepang karena alasan kesehatan.  

Sebelumnya Shinzo Abe memang sempat melakukan cek kesehatan di rumah sakit sebanyak dua kali dalam 2 minggu terakhir ini. Hal ini memicu spekulasi publik akan kondisi kesehatannya yang memburuk.

Abe akan menjelaskan rencana terbaru ini dalam konferensi pers yang akan diadakan pada hari ini.

Ini adalah kali kedua bagi Abe meninggalkan jabatannya karena alasan kesehatannya. Sebelumnya, ia pun sempat mundur pada tahun 2007 silam karena radang usus, hanya setahun setelah masa jabatannya. Pada 2012, Abe kembali memperlihatkan kemampuannya untuk mencapai puncak dengan menang telak dalam pemilu Majelis Rendah Jepang.  

Tujuh tahun kemudian, Perdana Menteri Shinzo Abe adalah perdana menteri Jepang dengan masa jabatan terpanjang berturut-turut. Ia bisa saja tetap melanjutkan jabatannya hingga tahun depan.

Sementara itu, masa jabatannya sebagai presiden dari Pantai Demokrat Liberal Jepang akan selesai pada September tahun depan.