Berita Jepang | Japanesestation.com

Beberapa hari yang lalu, Amerika Serikat sudah memilih presiden yang baru, yaitu Joe Biden. Hal ini menyebabkan Biden mendapatkan ucapan selamat dari berbagai pemimpin negara lain. Salah satunya, Perdana Menteri Jepang Suga Yoshihide melalui akun Twitternya pada tanggal 8 November lalu.

Pada akun Twitternya, ia mengucapkan selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Suga juga mengharapkan untuk melanjutkan kerja sama antara Jepang dan Amerika Serikat dalam menjaga kedamaian dunia dan kemakmuran Indo-Pasifik.

Tidak hanya Perdana Menteri Suga, Menteri Luar Negeri Motegi Toshimitsu juga mengucapkan selamat di hari yang sama kepada Biden dan Harris. Dalam cuitan di akun Twitternya, ia menantikan kerja sama dengan pemerintah yang baru untuk terus mempertahankan hubungan Jepang-Amerika ini.

guru internasional Jepang japanesestation.com
Menteri Luar Negeri Motegi Toshimitsu (mainichi.jp)

Pemerintah Jepang akan menunggu waktu hingga naiknya Biden menjadi presiden secara resmi agar bisa mengundang dan bertemu secara resmi dengannya. Selain itu, mereka juga perlu melakukan diskusi tentang kerja sama yang masih berlangsung dan kemungkinan adanya hal baru.

Saat ini, Amerika memiliki pangkalan militer di Jepang dengan total 55.000 anggota. Jepang juga membantu Amerika dalam menghadapi potensi ancaman negara. Hal tersebut merupakan kesepakatan yang sudah dibuat sejak perjanjian setelah perang dan masih berjalan hingga saat ini.

Suga Yoshihide adalah Perdana Menteri Jepang yang baru saja naik pada September yang lalu, menggantikan Perdana Menteri Abe Shinzo. Sebelum menjadi perdana menteri, Suga sudah menjadi Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi tahun 2006-2007, kemudian Serkretaris Kabinet Kepala di bawah masa Perdana Menteri Abe Shinzo dari tahun 2012 hingga 2020. Sebulan setelah menjadi perdana menteri, Suga melakukan kunjungan ke 2 negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia dan Vietnam.