Berita Jepang | Japanesestation.com

Seorang warna negara Tiongkok berhasil ditangkap oleh kepolisian pada Selasa (09/07) lalu. Pria berusia 29 tahun ini diduga menjadi salah satu pelaku pencoretan pada pilar batu di Kuil Yasukuni pada awal tahun ini. Bersama kedua temannya, pria ini mencoretkan tulisan ‘toilet’ dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan cat air.

Tulisan toilet di pilar batu Kuil Yasukuni.
Tulisan toilet di pilar batu Kuil Yasukuni (Diambil dari tangkapan layar unggahan yang beredar di sosial media / Kyodo News).

Dilansir dari Kyodo News, Biro Keamanan Publik Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk dua warga negara Tiongkok lainnya. Ketiga pria itu diduga menyemprot pilar batu Kuil Yasukuni pada 31 Mei sekitar pukul 21.55 malam waktu Jepang. Pihak Biro Keamanan Publik juga menuturkan jika kerugian yang dialami dapat mencapai angka 4,2 juta yen.

Kuil Yasukuni sendiri merupakan kuil kontroversial di Jepang yang jadi sumber ketegangan diplomatik antara Jepang dan negara-negara Asia lainnya, terutama Tiongkok dan Korea Selatan. Kuil Yasukuni digunakan sebagai tempat peristirahatan para pemimpin Jepang di masa Perang Dunia II. Meski telah dihukum sebagai penjahat perang lewat pengadilan internasional, mereka tetap dihormati di Kuil Yasukuni.