Berita Jepang | Japanesestation.com

Pihak Kepolisian Tokyo telah melayangkan peringatan kepada Takashi Tachibana, pemimpin Partai NHK, atas poster yang mengiklankan layanan seksual di papan resmi untuk kampanye pemilihan umum gubernur Tokyo pada 7 Juli mendatang. Dilansir dari Nippon, hasil investigasi yang dilakukan menunjukkan bahwa Tachibana berpotensi melanggar aturan undang-undang tentang industri hiburan dewasa. Melalui akun resmi Youtube-nya, Tachibana mengaku telah mengganti poster-poster tersebut dengan poster lain.

Melansir dari Kyodo News, Partai NHK mengajukan 19 orang anggota partainya ke dalam kontestasi ini dan menyerukan para kandidat untuk membajak papan kampanye dengan poster mereka. Pihak partai mengizinkan siapa pun yang memberikan sumbangan untuk menggunakan papan kampanye. “Sangat menggelikan membayar tempat untuk membeli tempat di papan, rasanya mereka mengolok-olok pemilu,” komentar salah satu penduduk.

Kepala Sekretaris Kabinet sekaligus juru bicara pemerintahan, Yoshimasa Hayashi menjelaskan bahwa papan kampanye tersebut ditujukan untuk para kandidat, bukan sesuatu yang dapat digunakan oleh siapa pun. Tachibana sendiri menyampaikan pada bulan April lalu melalui konferensi pers bahwa dirinya ingin memberikan kesempatan pada orang-orang yang tidak mencalonkan diri dalam pemilu. Hal ini tentu bertentangan dengan tujuan dibuatnya papan kampanye tersebut.

Petisi online yang menentang pembajakan kampanye telah mendapatkan lebih dari 27.000 tanda tangan pada Jumat (21/06) lalu.