Berita Jepang | Japanesestation.com

Bunuh Diri

Gadis yang dibunuh di Sayama punya seorang kakak perempuan yang sangat menyayanginya, membuat sang kakak bunuh diri setelah kematian adiknya. Konon, sang kakak sangat stress hingga berhalusinasi melihat hantu berbentuk kucing atau rakun besar sebelum ia bunuh diri. Mungkin saja Totoro terinspirasi dari sini kan? Tapi, apakah Satsuki bunuh diri? Simak penjelasannya sebentar lagi ya.

Susuwatari

Teori konspirasi Insiden Sayama japanesestation.com
Mei dan Satsuki melihat susuwatari (tofugu.com)

Pada awal film, dikisahkan kalau adik-kakak ini melihat susuwatari (bola-bola hitam), yang dalam legenda Jepang, artinya kamu akan mati tak lama setelah melihatnya. Susuwatari juga bukan hanya muncul di sini lho, masih ada scene lain.

Melihat Totoro

Totoro (soranews24.com)

Jika kamu bisa melihat Totoro (Dewa Kematian?), berarti kamu sudah atau hampir mati.  Ini dibuktikan dengan Kanta, cucu nenek tua dalam scene sebelumnya yang tidak bisa melihat Totoro meskipun ia masih anak-anak (anak-anak seharusnya bisa melihat hal-hal ajaib, meski Kanta tidak bisa). Tapi, Mei dan Satsuki bisa. Ingat ketika Mei hilang dan sandalnya ditemukan di kolam? Mungkin seharusnya Mei benar-benar tenggelam di sini, meski sandal tersebut ternyata bukan miliknya. Jadi, apakah scene ini menggambarkan sesuatu? Atau malah “membuang” semua teori konspirasi?

Mengetuk Pintu Kematian

Teori konspirasi Insiden Sayama japanesestation.com
Susuwatari kembali muncul (tofugu.com)

Dalam teori ini, Mei sudah meninggal. Satsuki pun mencarinya dan membuka “pintu kematian” lalu masuk ke dalamnya. Ia merasa sangat bersalah dan ingin menysul sang adik, mirip seperti sang kakak dalam Insiden Sayama. Ingat susuwatari? Mereka kembali muncul dalam scene ini!

Ketika ia menyebrang ke sisi lain, Totoro menolong Satsuki untuk menemukan adiknya di dead-land, lalu mengunjungi ibunya. Anehnya, tidak ada yang menyadari kehadiran mereka selain sang ibu yang telah sekarat. Ibu Satsuki dan Mei juga mengatakan, “Aku merasa mendengar tawa Satsuki dan Mei di dekat pohon itu.” Bagian ini seakan menggambarkan bahwa mereka berpamitan sebelum pergi ke surga dengan Cat Bus.

Neko Bus

Teori konspirasi Insiden Sayama japanesestation.com
Neko Bus (tofugu.com)

Beberapa orang berpikir kalau Neko (Cat) Bus merupakan kendaraan one-way menuju surga. Meski belum pasti, mungkin benar, karena salah satu pemberhentian Neko Bus adalah "grave (kuburan) road," jadi, memang cocok dengan pendapat orang-orang.

Bayangan

Pada scene ending, Mei dan Satsuki terlihat tidak memiliki bayangan. Dan mungkin kamu sudah tahu kalau konon orang yang tidak memiliki bayangan itu…sudah meninggal.

Teori konspirasi ini memang sudah jadi perbincangan hangat di internet untuk waktu yang lama. Melihat hal ini, akhirnya Ghibli pun membuat statement resmi pada tahun 2007, mengatakan kalau urban legend ini salah.

"Tidak perlu khawatir. Totoro bukanlah Dewa Kematian dan Mei juga tidak meninggal di My neighbor Totoro." – ujar Studio Ghibli

Bagaimana menurutmu tentang kasus ini? Benarkah Kazuo Ishikawa bukan pelakunya? Dan apakah benar jika kemiripannya dengan My Neighbor Totoro hanya kebetulan? Share pendapatmu ya!

Sumber:

Wikipedia

Soranews24

Tofugu