Share on

Pada tahun 2007 lalu, Studio Ghibli sempat mengeluarkan sebuah pernyataan resmi terkait mitos dan teori konspirasi yang menyebutkan bahwa salah satu karya terpopuler mereka, My Neighbor Totoro terinspirasi dari Insiden Sayama. Nah, apa sebenarnya Insiden Sayama itu? Dan apa misteri serta teori konspirasi di balik insiden ini?

Apa itu Insiden Sayama?

Teori konspirasi Insiden Sayama japanesestation.com
Kazuo Ishikawa, terdakwa Insiden Sayama saat ditangkap pihak kepolisian (tofugu.com)

Insiden Sayama adalah sebuah kasus pembunuhan misterius yang namanya diambil dari kota Sayama, tempat di mana kasus ini terjadi. Dalam insiden ini, seorang pria bernama Kazuo Ishikawa ditangkap dan harus menghabiskan waktu  selama 31 tahun dalam penjara. Kasus ini juga menyiratkan adanya diskriminasi terhadap kaum burakumin. Untuk lebih jelasnya, simak paragraf berikut.

Pada 1 Mei 1963, seorang siswi SMA dilaporkan hilang saat berjalan pulang dari sekolahnya. Malamnya, sebuah surat tebusan dikirimkan ke rumah gadis itu, namun, setelah keluarganya mengirimkan uang palsu ke tempat yang telah dijanjikan, si pelaku kabur dan tak lama setelah itu, tubuh gadis itu ditemukan tak bernyawa di sebuah lapangan. Bahkan, gadis malang ini sempat diperkosa sebelum dibunuh. Merasa tertekan karena kehilangan adiknya, kakak perempuan sang gadis pun bunuh diri.

Setelah pihak kepolisian kehilangan jejak si pelaku, masyarakat sekitar mulai protes, membuat mereka memutuskan untuk menginvestigasi area Buraku, tempat tinggal para burakumin. Burakumin sendiri adalah korban diskriminasi masyarakat Jepang. Pada zaman feudal, orang-orang burakumin adalah orang-orang yang dijauhi masyarakat dan memiliki profesi yang dianggap “tidak bersih”, seperti algojo, pekerja rumah jagal, dan lain-lain. Mereka tinggal di desa terpisah, jauh dari pemukiman masyarakt umum. Hingga kini, mereka kerap dianggap sebagai pemalas atau kriminal.

Di sini, polisi menangkap Ishikawa atas kejahatan lain dan dibebaskan. Namun, akhirnya polisi kembali menahannya, kali ini atas tuduhan pembunuhan.

Kazuo Ishikawa, Korban Diskriminasi dan “Asal Tuduh”

Teori konspirasi Insiden Sayama japanesestation.com
Kazuo Ishikawa setelah dibebaskan dan berjuang membersihkan namanya setelah terkena tuduhan palsu (soranews24.com)

Seperti sudah disebut di atas, Ishikawa adalah seorang burakumin, membuatnya kerap dicap seagai criminal dan (mungkin) inilah yang membuatnya ditahan. Memang, ada beberapa bukti yang membuktikan ia terlibat dalam kasus tersebut, seperti cara menulis Ishikawa yang sama dengan si pelaku dalam surat tebusan (menulis ツ menjadi つ, mencampur angka Cina dengan angka arabik, dan lain-lain) serta alibi Ishikawa yang mengatakan ia bekerja dengan kakaknya sepanjang hari, tapi ternyata tidak terbukti.

Namun, bukti yang memperlihatkan bahwa ia tidak bersalah juga cukup banyak, seperti fakta bahwa ia adalah seorang burakumin yang memang tidak mendapat pendidikan yang layak, membuatnya tidak bisa menulis dan membaca (contoh tulisan yang ia tulis kabarnya merupakan paksaan dari kepolisian), tidak adanya sidik jari, tidak ada jejak kaki yang sama dengan jejak kaki Ishikawa di TKP, dan penulisan kanji yang jauh berbeda.

Teori konspirasi Insiden Sayama japanesestation.com
Perbandingan tulisan Kazuo Ishikawa dan pelaku asli (soranews24.com)

Dilansir dari Soranews24, pihak kepolisian juga membuat Ishikawa mengatakan pengakuan palsu di pengadilan. Hal ini terpaksa dilakukannya untuk menyelamtakan keluarganya, karena pihak kepolisian mengancam untuk menghukum mati kakaknya jika ia tidak mengaku dan diiming-imingi hukumannya hanya berlangsung selama 10 tahun saja, yang akhirnya tidak terbukti dan keluarganya tetap hancur.

Setelah ia keluar dari penjara, Ishikawa masih berjuang untuk membersihkan namanya atas tuduhan palsu tersebut dan meminta sidang ulang. Sayangnya, hingga akhir 2013, ia belum mendapatkan apa yang ia inginkan.

My Neighbor Totoro Terinspirasi dari Insiden Sayama, Benarkah?

Ternyata, ada beberapa bukti yang menunjukkan kalau My Neighbor Totoro terinspirasi dari Insiden Sayama. Apa saja?

Bulan Mei

Petunjuk pertama dari teori konspirasi ini adalah nama dari dua karakter utama yang sama-sama terkait dengan bulan Mei, bulan di mana insiden Sayama terjadi. Sang kakak, "Satsuki" berarti “bulan Mei” dalam bahasa Jepang,sementara  sang adik malah sangat jelas, "Mei.”

Kota Sayama

Model rumah-rumah dalam film ini berlokasi di Sayama Kyuryo 狭山丘陵さやまきゅるお, yang berarti "Bukit Sayama," dan lokasi dalam film terinspirasi dari Kota Tokorozawa, tetangga Kota Sayama. Ini menjelaskan mengapa judul film ini "My Neighbor (tetangga) Totoro," kan? Meskipun begitu, kota di film ini adalah Sayama. Berikut buktinya:

Teori konspirasi Insiden Sayama japanesestation.com
Boks bertuliskan "Kota Sayama" dalam My Neighbor Totoro (tofugu.com)

Boks di belakang nenek dalam gambar bertuliskan "Sayama Tea." Hmm, mencurigakan, tapi gak aneh-aneh banget.  Nah, tapi lihatlah bukti lain:

Teori konspirasi Insiden Sayama japanesestation.com
Rumah sakit dalam film Totoro (tofugu.com)

Rumah sakit dalam film, shichikoku byouin 七国病院しちこくada versi aslinya lho di Sayama, hachikoku byouin 八国病院はちこくびょういん. Hanya beda 1 angka! Kebetulan?