Berita Jepang | Japanesestation.com

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga tiba di Indonesia pada Selasa (20/10) sore. Kunjungannya ini merupakan putaran kedua dari perjalanan luar negeri pertamanya yang bertujuan untuk mempererat hubungan dengan Indonesia serta membahas tujuan Jepang untuk melawan Cina.

Berikut unggahan dari akun Instagram Presiden Indonesia, Joko Widodo yang memperlihatkan kedatangan Yoshihide Suga ke Indonesia:

Dilansir dari Business Standard, Suga tiba dari Vietnam dalam rangka kunjungan 4 hari ke dua negara di Asia Temggara tersebut. Menurut Suga, kunjungan ke dua negara Asia Tenggara ini merupakan kunci untuk mempererat kerja sama keamanan dan ekonomi untuk melawan kekuatan negara Cina yang kini tengah berkembang.

Jepang sendiri diketahui memang berusaha menekan anggota Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara untuk bekerja sama dalam mempromosikan visi Open Indo-Pacific-nya. Tokyo ingin membuktikan penghormatannya terhdap sistem internasional berbasis aturan tersebut, berbeda dengan Cina yang menolak menolak mengakui putusan pengadilan terhadap klaim Laut Cina Selatan, menjadikan Jepang mitra yang lebih baik bagi negara-negara Asia Tenggara.

Tak hanya itu, Suga juga diharapkan dapat mendiskusikan langkah pencegahan virus corona di Indonesia dan menjadi “pendukung” bagi ekonomi Indonesia yang hancur terhantam pandemi.

Jepang pun berharap dapat mempererat ikatan persaudaraannya dengan Indonesia dan mempromosikan sebuah alat pertahanan dan perjanjian transfer teknologi dengan Indonesia. Perjanjian tersebut juga ditandatangani oleh Vietnam pada Senin lalu, sementara perjanjian transfer teknologi diseutujui oleh berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Filipina, dan Malaysia.

Setelah menghadiri upacara penyambutan dan penanaman pohon di istana kepresidenan di Bogor, Suga akan bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo. Pada Rabu (21/10) besok, Suga dijadwalkan untuk bertemu dengan perwakilan dari perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia dan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata sebelum kembali ke Tokyo.