Berita Jepang | Japanesestation.com

Curah hujan yang meningkat di kota Matsuyama sejak Rabu (10/07) lalu mengakibatkan terjadinya tanah longsor yang melanda pemukiman penduduk pagi ini (12/07) waktu setempat. Pihak berwenang kota Matsuyama di Prefektur Ehime kini masih melakukan pencarian terhadap 3 orang yang dikhawatirkan masih terjebak.

Melansir dari NHK World, pihak petugas pemadam kebakaran menuturkan jika lereng bukit di dekat Kastil Matsuyama runtuh sebelum pukul empat pagi. Beberapa penduduk juga melaporkan adanya kebocoran gas. Hingga saat ini, pejabat dan petugas masih belum menemukan pusat kebocoran gas.

Pihak pemerintah kota telah mengeluarkan peringatan evakuasi tingkat lima untuk penduduk di 13.226 rumah yang ada di distrik Shimizu, kota Matsuyama. Pemerintah meminta para penduduk untuk segera mengungsi ke bangunan yang lebih kokoh atau lokasi aman lainnya guna melindungi diri.

Hingga pagi ini, kota Matsuyama telah mencatatkan curah hujan sebesar 213 milimeter atau setara dengan rata-rata curhat hujan pada bulan Juli.