Share on

Ada yang bilang "semakin banyak semakin meriah" tapi kalau boleh jujur sih, mungkin kita akan baik-baik saja makan sendirian seperti saat menerapkan social distancing asalkan ditemani hidangan lezat. Seperti, sepiring tempura goreng yang renyah! Untuk membantu memfasilitasi perubahan gaya hidup ini, perusahaan peralatan rumah tangga Jepang, Cecile, menawarkan alat masak terbarunya, Tempura Mini Pot yang cocok digunakan untuk satu orang.

Bagian-bagian dari Tempura Mini Pot
Bagian-bagian dari Tempura Mini Pot (soranews24.com)

Tempura Mini Pot ini seukuran kotak bento, tetapi lebih tinggi atau lebih dalam dari tempat makan siang tradisional Jepang. Selain panci itu sendiri, terdapat rak logam dan tutup panci, yang memiliki fungsi ganda sebagai penahan di dasar rak agar minyak tidak menetes kemana-mana saat kalian meniriskan tempura yang baru matang di atas rak.

Rak logam dan tutup panci
Rak logam dan tutup panci (soranews24.com)

Metode memasak deep fry untuk tempura dan hidangan sejenisnya, seringkali menyusahkan dalam persiapannya maupun proses membersihkan peralatan setelah memasak. Karena itu keberadaan Tempura Mini Pot ini akan meringankan pekerjaan kalian. Ukurannya yang mini membuat kalian hanya perlu sekitar 500 mililiter (16,9 ons) minyak untuk mendapatkan kedalaman yang cukup saat menggoreng.

Minyak untuk menggoreng dapat dihemat
Minyak untuk menggoreng dapat dihemat (soranews24.com)

Lebih sedikit minyak terpakai, tidak hanya berarti lebih sedikit biaya yang dikeluarkan dan lebih sedikit limbah dapur yang terbuang. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk memanaskan minyak di panci penggorengan lebih cepat setelah kalian menyalakan kompor. Jadi setelah kalian selesai memotong aneka pilihan bahan tempura, seperti misalnya udang, jamur shitake, kabocha (labu Jepang), terong, atau paprika hijau, minyak dalam panci sudah cukup panas untuk kalian mulai menggoreng.

Kabocha Tempura
Kabocha Tempura (soranews24.com)

Setelah matang, kalian dapat mengangkat tempura dengan bantuan sumpit memasak ataupun penjepit makanan, dan memindahkannya ke rak pendingin.

Tempura yang telah matang ditiriskan di atas rak logam
Tempura yang telah matang ditiriskan di atas rak logam (soranews24.com)

Cukup sekitar 15 menit, kalian sudah mendapatkan hidangan lengkap aneka lauk dan sayuran tempura yang hangat untuk disajikan bersama nasi panas dari Bento Box Rice Cooker. Jadi bukan berarti memakan hidangan yang digoreng, kalian tidak bisa mendapatkan sayuran yang kaya nutrisi namun tetap memiliki rasa yang lezat bukan?

Tempura terong dan jamur shitake
Tempura terong dan jamur shitake (soranews24.com)

Jika kalian bosan dengan makanan goreng saja dan ingin menjadikan tempura sebagai side dish, Tempura Mini Pot yang hanya memakan ruang kecil di area kompor, akan memudahkan pergerakan kalian untuk memasak hidangan lainnya di saat bersamaan.

Ukuran Tempura Mini Pot yang mungil memudahkan anda untuk memasak
Ukuran Tempura Mini Pot yang mungil memudahkanmu untuk memasak (soranews24.com)

Karena ukurannya yang kecil, alat ini mudah untuk dibawa bepergian. Maka dari itu ini merupakan pilihan tepat untuk perjalanan berkemah atau kegiatan memasak dan makan-makan di luar ruangan lainnya, selama kalian memiliki akses sumber panas untuk memasak pastinya!

Aneka tempura lezat siap dinikmati dengan Tempura Mini Pot
Aneka tempura lezat siap dinikmati dengan Tempura Mini Pot (soranews24.com)

Alat ini dijual dengan harga 3.278 yen dan dapat dipesan melalui toko online Cecile di sini. Alat ini akan menjadi alternatif lainnya setelah kalian mungkin bosan menikmati nasi kari yang dibuat dengan Curry Rice Cooker Twin Chef ataupun ingin mencoba hidangan lainnya selain yakitori homemade.