Share on

Kebanyakan orang memilih untuk tinggal dan bekerja di kota-kota besar. Alasannya mungkin karena memiliki banyak keuntungan, seperti akses yang lebih mudah, penghasilan yang lebih besar, dan lain-lain. Namun, di pedesaan Jepang, memiliki sama banyak keuntungan. Dan, seiring dengan penurunan populasi, pemerintah daerah kini menambahkan fasilitas dan keuntungan untuk menarik lebih banyak penduduk.

Advertise With Us

Baru-baru ini, berita bahwa pemerintah pedesaan Jepang memberikan jutaan rumah gratis menjadi viral. Tentu saja, berita itu tersebar untuk menutupi beberapa hal, misalnya kendala administrasi, masalah pengalihan kepemilikan, juga biaya perbaikan dan pajak. Namun, hal ini menunjukkan bahwa adanya potensi penduduk kota yang tergoda untuk pindah. Berikut adalah beberapa keuntungan dari tinggal dan bekerja di kota kecil atau pedesaan Jepang.

1. Tidak Ada Perjalanan yang Membuat Stres

Kamu pasti tau jika transportasi umum di Jepang sangat padat, terutama di kota-kota besar. Tetapi di kota kecil atau pedesaan, tergantung daerahnya, transportasi umum tidak begitu penuh, bahkan mungkin sepi, dan tidak perlu terburu-buru karena takut kereta penuh lagi! Dan, di pedesaan, berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja mungkin jadi pilihan pertama, karena mudah untuk tinggal di dekat tempat kerja saat harga sewa tempat tinggal tidak mahal.

2. Koneksi Luar Biasa ke Perkotaan

Pedesaan Jepang
Kereta di pedesaan Jepang (jpninfo.com)

Kereta Jepang menghubungkan negara dengan sangat baik, sehingga kamu dapat melakukan perjalanan dari Tokyo ke Kyushu hanya dalam satu hari dengan menggunakan kereta. Dalam gaya hidup perkotaan yang sibuk, tidak banyak waktu untuk menikmati kota. Mungkin kamu masih bisa melakukan itu di akhir pekan, tetapi akan lebih mudah untuk menikmati suasanya kota jika kamu bekerja dan tinggal di pedesaan, dengan menggunakan kereta.

3. Akomodasi Lebih Murah dan Lebih Nyaman

rumah Jepang gratis japanesestation.com
Ilustrasi rumah di pedesaan Jepang (rethinktokyo.com)

Pasar real estate di pedesaan Jepang tidak sekejam di Tokyo, harga sewa jauh lebih murah dan lebih mudah untuk didapatkan, juga lebih nyaman karena jauh dari hiruk-pikuk. Di kota-kota besar, kamu akan kesulitan untuk menyewa tempat tinggal, sering ditolak sebagai penyewa, bahkan ketika kamu telah menemukan tempat yang cocok dan bersedia membayar berapapun, karena survei Kementerian Kehakiman mengkonfirmasi adanya masalah diskriminasi di perumahan-perumahan yang besar di perkotaan.

4. Lingkungan Yang Lebih Bersih

Pedesaan Jepang
Pedesaan di Jepang (jpninfo.com)

Tokyo dan kota-kota besar Jepang lainnya memang cukup bersih dan tidak terlalu tercemar. Tapi tetap saja, kota besar mana pun pasti memiliki lebih banyak polusi, lebih banyak sampah, lebih banyak hama dibandingkan dengan pedesaan. Kota-kota kecil dan pedesaan selalu lebih bersih karena lebih sedikit orang yang tinggal di sana. Selain itu, pedesaan juga lebih tenang dan damai, sehingga tidak menyebabkan polusi batin.

5. Komunitas yang Lebih Kecil dan Lebih Dekat

Pertemanan
Mudahnya menjalin pertemanan di pedesaan Jepang (jpninfo.com)

Tetapi manusia adalah makhluk sosial dan dapat menderita kesepian. Mungkin tampak berlawanan dengan intuisi untuk mencari teman di mana jumlah orangnya lebih sedikit, tetapi pindah ke kota yang lebih kecil dapat membantu menjadi bagian dari suatu komunitas. Orang-orang di pedesaan Jepang rata-rata memiliki lebih banyak waktu dan kesabaran, serta rasa ingin tahu tentang pendatang baru, dibandingkan dengan orang-orang di perkotaan yang selalu sibuk. Bertemu satu orang saja sudah cukup untuk memulai pertemanan, kemudian mereka akan memperkenalkan kamu kepada orang lain.