Share on

Bosan dengan liburan ke kota? Coba pergi ke area perdesaan di Jepang. Ya, Jepang memiliki banyak desa-desa indah yang masing-masing memiliki ciri khas dan keindahan alamnya sendiri. Nah, di antara desa-desa indah tersebut, ada 10 desa yang bisa dibilang sebagai desa terindah di Jepang. Apa saja, nih?

Nakanojo Kuni, Gunma

Nakanojo Kuni, Gunma (tsunagujapan.com)
Salah satu desa terindah di Jepang, Nakanojo Kuni, Gunma (tsunagujapan.com)

Sekitar 92% dari desa ini dibentuk dari dataran dan hutan-hutan di gunung. Tempat ini juga merupakan tempat yang dicintai para tokoh sastra karena pemandangan alaminya yang menenangkan dan dapat memberi inspirasi. Jika lapar, bisa lho mencicipi 10-wari soba yang terkenal. Tak hanya itu, desa ini juga dikenal dengan onsen-nya. Kapan lagi bisa menikmati berendam di onsen sambil dikelilingi pemandangan alam yang cantik?  

Ine, Kyoto

Ine, Kyoto (tsunagujapan.com)
Ine, Kyoto (tsunagujapan.com)

Meski dikenal sebagai desa pemancingan, Ine juga memiliki seni tradisional dan berbagai warisan budaya yang tak terhitung, mulai dari makanan, pakaian, hingga bangunan. Selain itu, 230 rumah nelayan di sekitar Teluk Ine juga membuat pemandangannya tambah cantik! 

Kamikatsu, Tokushima

Kamikatsu, Tokushima (tsunagujapan.com)
Kamikatsu, Tokushima (tsunagujapan.com)

Kamikatsu  adalah sebuah desa yang dikelilingi gunung-gunung besar dengan tinggi bervariasi, mulai dari  100-700 m. Selain gunung-gunung tinggi, desa ini dipenuhi dengan berbagai sawah bertingkat yang cantik, seperti sawah di Kashihara (lihat foto) yang terdaftar sebagai salah satu dari 100 sawah tercantik di Jepang.

Takaharu, Miyazaki

Takaharu, Miyazaki (tsunagujapan.com)
Takaharu, Miyazaki (tsunagujapan.com)

Takaharu adalah kota bersejarah di mana kaisar pertama Jepang, Kaisar Jimmu lahir. Kota ini juga terkenal dengan Amanosakahoko, sebuah tombak bermata tiga (trisula) legendaris yang ditancapkan ke tanah oleh Ninigi no Mikoto, cucu Amaterasu. Kamu bisa menemukan tombak legendaris ini di puncak Gunung Takachihonomine-nya.

Tsurui, Hokkaido

Tsurui, Hokkaido (tsunagujapan.com)
Tsurui, Hokkaido (tsunagujapan.com)

Nama desa ini, “Tsurui” berarti “ada bangau di tempat ini”. Seperti namanya, tempat ini memang memiliki banyak bangau. Dan bukan bangau biasa lho, tapi bangau mahkota merah! Kapan lagi melihat pemandangan kumpulan bangau mahkota merah berinteraksi di habitat mereka?

Higashinaruse, Akita

Higashinaruse, Akita (tsunagujapan.com)
Higashinaruse, Akita (tsunagujapan.com)

Higashinaruse adalah sebuah area cantik yang yang disebut-sebut sebagai tempat dengan pemandangan langit berbintang tercantik di Jepang. Selain itu, area ini memiliki banyak air terjun dan mata air yang membuat pohon-pohon dapat berkembang dengan baik. Ada juga hutan bernama Suzukoya no Mori yang penuh dengan pohon beech berumur lebih dari 200 tahun, membuat udaranya sangat segar!

Kitashiobara, Fukushima

Kitashiobara, Fukushima (tsunagujapan.com)
Kitashiobara, Fukushima (tsunagujapan.com)

Kitashiobara adalah sebuah desa alami yang terdiri dari 80% hutan. Nah, karena sangat kental dengan suasana alaminya ini, kamu dapat menikmati pemandangannya yang indah. Selain itu, ada danau alami bernama Goshikinuma yang warna airnya berganti seiring musim. Sudah pasti harus masuk ke dalam daftar desa terindah di Jepang yang harus kamu kunjungi!

Nagiso, Nagano

Nagiso, Nagano (tsunagujapan.com)
Nagiso, Nagano (tsunagujapan.com)

Nagiso adalah sebuah desa yang terkenal dengan bangunan ala Zaman Edo. Pemandangan alamnya berubah seiring dengan musim, membuat banyak pengunjung tertarik.  Jika ke Nagano, wajib nih mengunjungi Nagiso!

Hayakawa, Yamanashi

Hayakawa, Yamanashi (tsunagujapan.com)
Hayakawa, Yamanashi (tsunagujapan.com)

Hayakawa adalah sebuah desa yang berlokasi di barat daya  Prefektur Yamanashi yang dikelilingi berbagai gunung dan dikenal sebagai desa dengan pupulasi terendah di Jepang. Meskipun begitu, tempat ini memiliki banyak onsen lho, misalnya Nishiyama Onsen. Jalan-jalan di desa ini juga hanya memiliki sedikit rumah, misalnya di Asakawa yang hanya sekitar 40 rumah saja. Namun, pemandangan ini terkesan match dengan gunung yang mengelilinginya. Wajib dikunjungi! 

Yoshino, Nara

Yoshino, Nara (tsunagujapan.com)
Yoshino, Nara (tsunagujapan.com)

Terakhir, ada Yoshino, sebuah desa yang terkenal dengan pohon-pohon sakuranya yang cantik.  Bunga sakura ini ada di Gunung Yoshino yang memiliki total 30.000 pohon sakura! Bunga-bunga ini mekar hanya di awal hingga pertengahan April saja lho. Jadi, jangan lupa dikunjungi ya!