Berita Jepang | Japanesestation.com

Gadis yang baru berusia 10 tahun, Karin Tabira, baru saja dinobatkan sebagai orang termuda dalam sejarah yang berhasil lulus ujian menyiapkan Ikan Fugu. Dikutip dari Mainichi, rekor termuda sebelumnya diraih oleh anak berusia 11 tahun dengan tingkat kelulusan pada sat itu sebesar 64,5%.

Tabira yang masih duduk di bangku kelas lima sekolah dasar memang memiliki hobi memancing. Namun, menyiapkan Ikan Fugu tidak ada dalam kurikulum sekolah. Tabira mempelajarinya di Fukunari, tempat budidaya perikanan lokal yang terkenal spesialis dalam pengelolaan Ikan Fugu.

Gadis ini mengikuti ujian di Prefektur Yamaguchi yang tidak memiliki batasan usia, berbeda dengan penyelenggara ujian di tempat tinggalnya, Prefektur Kumamoto, yang mewajibkan pelamar berada di usia 18 tahun ke atas.

Tes sertifikasi menyiapkan Ikan Fugu memiliki standar yang sangat tinggi hingga tingkat kelulusannya selalu kurang dari 65%. Selama tes berlangsung, para peserta akan diberikan Ikan Fugu atau yang sering disebut sebagai Ikan Buntal dan alat yang digunakan untuk menghilangkan bagian beracun.

Tabira mengungkapkan dirinya merasa sangat percaya diri dengan kemampuannya. Di akhir bulan Agustus lalu, Tabira diumumkan lulus dan jadi orang termuda yang pernah lulus tes sertifikasi persiapan Ikan fugu. Gadis ini juga mengatakan jika memiliki cita-cita sebagai koki Ikan Fugu profesional.