Share on

Saat ini, Jepang membuka peluang yang besar bagi orang asing untuk belajar dan bekerja di negara mereka. Jika, kamu datang ke kota besar seperti Tokyo, kamu bisa melihat banyak orang asing, baik yang hanya datang untuk liburan, maupun pelajar dan pekerja disana. Tapi meskipun begitu, tahukah kamu bahwa masih sangat sulit bagi orang-orang asing untuk tinggal dan menyewa apartemen di Jepang? Kenapa? Inilah beberapa alasan kenapa orang asing sulit untuk sewa apartemen di Jepang. 

Advertise With Us

apartemen sederhana
Apartemen sederhana di Jepang (soranews24.com)

1. Pemilik

Alasan nomor satu mengapa sulit bagi orang asing untuk menyewa apartemen di Jepang, adalah pemilik atau perusahaan manajemen tidak mengizinkan orang asing masuk ke properti mereka. Beberapa agen penjual akan memberi tahu kamu bahwa hanya 10-20% apartemen di Jepang yang mengizinkan orang asing. Tentu saja persentase ini lebih besar dengan daerah berpenduduk lebih tinggi, misalnya di pusat kota Tokyo. Biasanya pemilik yang berusia lebih tua lebih ragu menerima orang asing di properti mereka.

2. Penanggung Jawab

Lebih dari setengah apartemen di Jepang membutuhkan penjamin sebagai penanggung jawab. Penjamin ini haruslah warga negara Jepang dan bersedia bertanggung jawab atas biaya sewa yang harus dibayar. Kebanyakan orang Jepang akan menjadikan orang tua mereka untuk menjadi penjamin, namun akan sangat sulit bagi orang asing untuk menemukan seseorang yang mau mengambil tanggung jawab besar ini untuk mereka.

3. Kendala Bahasa

Bahasa juga bisa menjadi kendala dalam penyewaan apartemen. Jika pemilik atau perusahaan manajemen merasa bahasa akan menjadi masalah, mereka akan lebih ragu untuk menerima aplikasi kamu. Namun sebagian besar apartemen yang mengizinkan orang asing akan membiarkan kamu menghubungi kontak darurat untuk membantu mengatasi masalah ini.

4. Beberapa Orang Asing Berperilaku Buruk

Beberapa pemilik dan perusahaan manajemen memiliki pengalaman dengan orang asing yang meninggalkan Jepang tanpa membayar biaya sewa mereka. Ini mengakibatkan mereka mencap semua orang asing akan melakukan hal sama.

5. Aturan

Alasan lain yang membuat lebih sulit bagi orang asing untuk menyewa apartemen di Jepang, adalah pemilik merasa bahwa orang asing tidak akan mengikuti aturan. Alasan seperti ini sebenarnya adalah alasan yang langka ditemukan di daerah perkotaan, tetapi masih mungkin terjadi. Beberapa pemilik sebenarnya belum menjelaskan aturannya dengan baik.

Apartemen Tokyo
Apartemen mewah di Tokyo (moriliving.com)

6. Realtors

Jika kamu menyewa lewat makelar Jepang biasa dan bukannya tempat yang ramah orang asing, kemungkinan besar kamu akan ditolak atau diperlakukan tidak adil. Alasan utama untuk hal ini adalah karena lebih sulit untuk menemukan apartemen untuk orang asing, apalagi jika makelar tersebut sudah memiliki pengalaman dengan penyewa orang asing sebelumnya.

7. Biaya Awal

Biaya awal rata-rata di Jepang adalah lima kali biaya sewa dan biaya yang paling dibenci adalah uang kunci. Kebanyakan orang menganggap ini sedikit konyol. Tapi kamu masih memiliki kemungkinan untuk menemukan apartemen dengan pembayaran awal yang lebih terjangkau.

8. Prosesnya

Proses penyewaan apartemen di Jepang bisa sangat rumit dan membingungkan jika kamu tidak memiliki panduan yang tepat. Bukan hanya mencari apartemen dan menandatangani kontrak, seluruh proses biasanya memakan waktu satu minggu dari menandatangani aplikasi hingga menerima kunci untuk apartemen.

Dalam beberapa kasus prosesnya bisa memakan waktu hingga 10 hari atau bahkan lebih. Untuk menyewa apartemen, kamu memerlukan kartu residence dan nomor telepon Jepang.

9. Visa Liburan

Jika kamu datang ke Jepang dengan visa liburan dan terbatas hanya sampai satu tahun tanpa perpanjangan, menyewa apartemen akan jauh lebih sulit. Namun ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini. Jika makelar yang kamu datangi baik, ia bisa mencoba mencarikanmu pemilik apartemen yang mau menerima kamu. Kamu juga bisa menerima sewa jangka pendek yang dibayarkan per bulan.

10. Menyewa Apartemen dari Luar Negeri

Jika kamu berencana untuk tinggal di Jepang selama satu tahun atau lebih, mencari kemudian menyewa apartemen dari luar negeri adalah sesuatu yang harus kamu pertimbangkan untuk dihindari. Alasan utamanya adalah bahwa sebagian besar apartemen yang memiliki masa sewa satu tahun atau lebih tidak akan mengizinkan ini.

Untuk mendapatkan apartemen di Jepang, kamu harus memiliki kartu residence dan nomor telepon Jepang, dan juga beberapa apartemen tidak akan mengizinkan untuk mengajukan permohonan sewa sampai kamu datang secara langsung ke Jepang.