Share on

Jika mendengar kata “roti,” mungkin yang terbayang di dalam kepala kita adalah baguette, roll atau sandwich. Nah di Jepang, varian umum ini terkadang berkolaborasi dengan makanan lain yang unik, membuat satu genre baru bernama souzai pan (“pan” adalah roti dalam bahasa Jepang). Namun, meski roti-roti unik ini dapat ditemukan dengan mudah di Jepang, souzai pan kerap menyatu dengan varian umumnya, jadi terkadang hampir sulit ditemukan oleh para turis asing. Nah, biar teman-teman JS mudah membedakannya, JS akan menjelaskan tentang roti-roti unik dan lezat yang ada di Jepang ini!  

Advertise With Us

1. Roti Pizza 

roti unik Jepang japanesestation.com
Roti pizza (livejapan.com)

Bayangkan sebuah pizza mungil berharga 100 yen saja tanpa saus yang lumer ke mana-mana atau keju yang menetes, enak kan? Ya, itulah roti pizza di Jepang! Rasa rotinya hampir sempurna, layaknya sebuah pizza asli. Ukurannya yang handy dan terbungkus rapi dalam sebuah pouch juga membuatnya menjadi snack “portable” yang bisa kamu bawa kemanapun! Bahkan, terkadang kamu bisa menemukan versi rumahan namun tetap lezat dari pizza ini, pizza toast, di café-café lokal. Mau dimakan dingin atau panas setelah dipanggang, roti pizza tetap lezat! Variasinya juga cukup beragam, mulai dari yang standar seperti saus tomat hingga yang unik seperti campuran tuna dan mayonnaise. 

2. Yakisoba Sandwich 

roti unik Jepang japanesestation.com
Yakisoba sandwich (livejapan.com)

Sekarang, bayangkan mie goreng dalam roti hot dog, terdengar berat tapi lezat kan? Nah, saat traveling ke Jepang, kamu pasti akan menjumpai orang-orang mengunyah roti ini saat jam makan siang, biasanya mereka ada di taman atau di luar konbini. Memang sih, rasanya cukup sulit membayangkan rasa mie di antara roti, namun ajaibnya, yakisoba yang gurih dan rasa manis ringan dari roti ternyata bisa jadi paduan yang sempurna! 

Dan ternyata, bukan hanya yakisoba sandwich lho yang bisa kamu temukan di Jepang, sandwich ini punya “saudara,” Naporitan sandwich, sandwich berisi spaghetti,saus tomat atau saus spaghetti, bawang bombay, jamur, dan beberapa jenis sayuran. Lezat! 

3. Roti Kare 

roti unik Jepang japanesestation.com
Roti kare (livejapan.com)

Para turis di Jepang mungkin kaget melihat betapa cintanya orang Jepang pada kare. Ya, makanan ini memang merupakan salah satu comfort food bagi anak-anak Jepang dan kerap dimodifikasi ke dalam bentuk-bentuk unik, misalnya, roti kare. Mungkin para turis berpikir, “mengapa orang Jepang memasukkan masakan pedas dan gurih itu di dalam sebuah pastry dengan rasa sedikit manis?” Nah, roti kare ini merupakan bukti kolaborasi sempurna saat kreatifitas bertemu dengan inovasi: isian kare-nya memiliki rasa pedas yang sedang, sementara rotinya memiliki rasa gurih, membuat kolaborasi menakjubkan. Saat kamu mencicipinya, yakin deh pasti langsung suka!  

4. Roti Melon 

roti unik Jepang japanesestation.com
Roti melon (livejapan.com)

Saat kamu berkelling di konbini, supermarket, atau shopping street, pasti kamu akan menemukan sebuah roti dengan tekstur luar menyerupai melon dan terkadang dilapisi dengan butiran gula. Ya, itulah roti melon, salah satu makanan terpopuler di Jepang. Bukan hanya memiliki rasa melon ringan, crust-nya sangat renyah, namun sangat lembut di dalam! Sekarang, ada beberapa varian yang lebih kekinian, misalnya yang dibuat dengan menggunakan sirup maple atau whipped cream yang sangat populer di kalangan anak-anak.  

Saat memasuki musim gugur dan musim dingin, toko-toko biasanya menyajikan roti ini dalam keadaan panas. Lumayan kan untuk menghangatkan diri?  

5. Roti Chocolate Cornet

roti unik Jepang japanesestation.com
Roti chocolate cornet (livejapan.com)

Banyak dessert di Jepang yang nama dan bentuknya sangat cocok, dan chocolate cornet pun begitu. Chocolate cornet adalah roti sederhana yang lembut, tidak terlalu manis, dan diisi dengan custard cokelat kental yang sangat populer sebagai salah satu menu sarapan dan mid-afternoon snack di Jepang. Roti lezat ini juga bisa dijadikan dessert atau snack di malam hari lho!   

Nah, itulah beberapa roti unik yang bisa kamu temukan di Jepang. Jika berkunjung nanti, jangan lupa cicipi semuanya!