Share on

Ketika kalian memikirkan makanan di Kyoto, masakan tradisional Jepang mungkin menjadi hal pertama yang terlintas dalam pikiran, tetapi kalian mungkin akan terkejut mengetahui bahwa Kyoto mengkonsumsi roti paling banyak di seluruh Jepang. Toko roti Kyoto berjejer di jalanan, menjual roti dan kue kering yang telah populer di kalangan masyarakat Jepang selama beberapa generasi, seperti roti kari dan anpan. Ada juga toko-toko yang terkenal dengan jenis roti yang lebih padat seperti baguette dan bagel. Bagi penduduk Kyoto, roti adalah bagian penting dari budaya mereka. Artikel ini akan memperkenalkan pilihan toko roti Kyoto yang harus kalian singgahi ketika mengunjungi kota ini, di mana kalian akan merasakan apa yang dinikmati penduduk setempat.

Fiveran

Toko Roti Fiveran (tsunagujapan.com)
Toko Roti Fiveran (tsunagujapan.com)

Karena lokasinya di tengah kawasan bisnis, toko roti Kyoto ini populer di kalangan pekerja kantor yang bekerja di gedung-gedung terdekat. Meskipun konter berbentuk bulan sabit mungkin terlihat seperti interior butik pada pandangan pertama, dengan melihat lebih dekat akan tampak lusinan jenis roti yang dipajang. Baguette disini dibuat dengan rasio air setinggi mungkin, sehingga memiliki tekstur roti yang lembut, dan umami dari banyaknya gandum menyebar di mulut kalian dengan semakin banyak gigitan. Fiveran menawarkan berbagai macam roti isi dan roti manis, termasuk roti Prancis yang diisi dengan mentaiko (pollock roe), sandwich isi aneka filling, roti madu yang renyah, dan brioche yang harum. Toko ini bertujuan untuk memastikan bahwa rotinya juga dapat dinikmati sehari setelah pembelian, dan sesuai dengan tujuannya, rotinya sama lezat dan harumnya di keesokan harinya.

Aneka Roti Fiveran (tsunagujapan.com)
Aneka Roti Fiveran (tsunagujapan.com)

Nama : Fiveran

Jam buka : 9:00 pagi - 7:30 malam

Tutup : Selasa, Rabu 1 dan 3 setiap bulan

Alamat :

377, Ennogyoja-cho, Muromachi-dori Sanjo-agaru, Nakagyo-ku, Kyoto-shi, Kyoto

Google Maps

Akses : 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Karasuma Oike

Situs web (Jepang)

Toko Roti Shirohato

Toko Roti Shirohato (tsunagujapan.com)
Toko Roti Shirohato (tsunagujapan.com)

Terletak di selatan Kyoto Imperial Palace, toko roti Kyoto ini memiliki etalase sederhana, meskipun terletak di tengah kota. Roti krim, roti mentega, dan roti bergaya pedesaan berjejer di rak, tetapi entah bagaimana kalian akan menemukan tangan kalian meraih deretan roti seukuran telapak tangan tersebut. Ada beberapa jenis roti di toko roti ini yang menggunakan tepung gandum, gandum hitam, dan beras merah, serta ada juga roti (seperti roti beras merah) yang tidak menggunakan telur atau produk susu. Sempurna untuk orang-orang dengan alergi makanan tertentu. Penduduk setempat yang tinggal sendirian dan pelancong tunggal juga akan sangat menikmati toko roti ini, karena mereka menawarkan banyak produk yang lebih kecil mulai dari harga 150 hingga 200 yen. Seperti 1/4 porsi roti utuh dan baguette porsi tunggal. Saat jam buka akan sangat tepat untuk mampir kemari sebelum kalian mulai menjelajahi kota Kyoto. Toko ini dipenuhi dengan keramahtamahan dan melayani kebutuhan setiap pelanggannya.

Aneka Roti Shirohato (tsunagujapan.com)
Aneka Roti Shirohato (tsunagujapan.com)

Nama : Toko Roti Shirohato

Jam buka : 7:00 pagi - 7:00 malam

Tutup : Minggu, Senin

Alamat :

102-2, Nishi Oshikoji-cho, Karasuma-dori Oshikoji Higashi-iru, Nakagyo-ku, Kyoto-shi, Kyoto

Google Maps

Akses : 3 menit berjalan kaki dari Stasiun Karasuma Oike