Share on

Melihat betapa besar dan kuatnya tubuh atlet sumo, mungkin kamu pernah berpikir apa sih yang mereka makan dan berapa porsi yang mereka habiskan untuk mengganti tenaga yang terkuras setelah mereka latihan. Nah, dalam artikel ini, JS akan membahas tentang makanan yang disantap seorang atlet sumo setiap harinya!

Sumo merupakan olahraga serius yang identik dengan ukuran tubuh dan kekuatan, karena itu, para atlet sumo (rikishi) menerapkan latihan ketat dan diet seimbang. Semua dilakukan untuk menjadi atlet sumo yang sukses. Nah, makanan utama yang rutin dimakan untuk menjaga diet ini adalah Chankonabe! Apakah itu?

Chankonabe

Chankonabe, makanan wajib atlet sumo Jepang (theculturetrip.com)
Chankonabe, makanan wajib atlet sumo Jepang (theculturetrip.com)

Chankonabe (bisa ditulis sebagai chanko nabe atau chanko-nabe) merupakan makanan utama yang dikonsumsi para atlet sumo. Makanan ini megandung berbagai protein, vitamin, serta nutrisi yang diperlukan untuk latihan dan penambahan berat badan para rikishi.

Chankonabe sendiri tidak memiliki bahan baku yang spesifik, namun harus mengandung protein (daging ayan, daging sapi, daging ikan, atau tofu), sayuran (kol, kentang, jamur, bok choy atau lobak), dan kaldu ikan. Intinya, bahan baku nabe ini bisa disesuaikan dengan selera para pesumo dan sang koki.

Kebiasaan Makan

Seorang atlet sumo memakan Chankonabe  (cq.com)
Seorang atlet sumo memakan Chankonabe (cq.com)

Sangat kontras dengan anggapan orang-orang, para atlet sumo sebenarnya tidak makan sehari penuh lho. Mereka tidak sarapan dan hanya makan saat siang dan malam.

Sarapan memang penting bagi sebagian orang, namun para rikishi sangat sibuk dengan jadwal mereka yang dimulai dari pagi. Mereka akan menghabiskan waktu paginya dengan latihan selema 5 jam. Bayangkan saja, menubrukkan badanmu ke badan orang lain dengan perut yang penuh, membayangkannya saja sudah tidak nyaman!

Menonton latihan pagi atlet sumo di Shitamachi. (jw-webmagazine.com)
Latihan pagi atlet sumo di Shitamachi. (jw-webmagazine.com)

Nah, setelah memasuki waktu makan siang, para rikishi akan memakan chankonabe mereka. Chankonabe selalu disajikan dalam porsi besar, porsi yang sangat cocok dengan para pesumo yang memang membutuhkan kalori jauh lebih banyak dari manusia lain. Normalnya, seorang pesumo membutuhkan sekitar 4.000 kalori per harinya. Karena itu, makannya juga banyak!

Setelah itu, biasanya  para pesumo akan beristirahat dengan tidur. Ya, makan dengan porsi besar  tentu membuat mereka lelah, apalagi setelah latihan yang keras pada pagi harinya. Karena itu, mereka membutuhkan istirahat yang cukup. Tidur steelah makan ini juga bisa membantu para rikishi untuk menimbun lemak tubuhnya. Setelah bangun, para rikishi akan kembali menyantap menu makan malamnya.

Untuk menu makanan sendiri, tidak melulu harus Chankonabe. Misalnya saja menu yang dimakan oleh pesumo profesional Jepang, Byambajav Ulambayar. Terkadang, ia memakan ikan makarel goreng, udon, dan salad sebagai makan malamnya. Ia juga menyukai sake, jadi menjadi pesumo bukan berarti harus menghindari minuman keras, hanya saja dietnya harus tetap seimbang.

Kalau kepo dengan kehidupan sehari-hari Byambajav Ulambayar sebelum meninggal, bisa tonton video berikut:

Nah, itulah makanan yang disantap para atlet sumo setiap harinya. Terlihat lezat kan? Apa kamu tertarik mencobanya?

Sumber:

The Culture Trip

GQ

YouTube