Berita Jepang | Japanesestation.com

Tidak diragukan lagi bahwa Jepang, sebagai negara dengan empat musim, memiliki tempat spesial di hati banyak orang. Lebih penting lagi bagi pecinta kuliner, ini berarti makanan musiman adalah bagian besar dari budaya Jepang, dengan produk unik terkadang hanya tersedia dalam waktu singkat. Dan beberapa di antaranya memiliki manfaat kesehatan yang mengejutkan.

Nah, berikut adalah beberapa makanan favorit paling sehat di antara makanan musim dingin Jepang!

Mikan mandarin

Jeruk Mandarin
Jeruk Mandarin (Sumber: nippon.com)

Salah satu gambaran musim dingin yang sangat khas Jepang adalah duduk di bawah kotatsu, pada hari yang dingin sambil memakan mikan Jepang.

Huawei MatePad Pro

Mikan adalah buah jeruk kecil, tanpa biji, yang berasal dari Cina dan sangat mirip dengan jeruk keprok. Mikan telah dibudidayakan di Jepang selama ratusan tahun - belakangan ini terutama di prefektur Wakayama dan Ehime - tetapi dapat ditemukan di mana saja sepanjang tahun. Meskipun mereka populer karena rasanya yang menyegarkan di musim panas, mikan mandarin benar-benar mulai bersinar di bulan-bulan musim dingin.

Mikan mengandung kalium dalam jumlah tinggi yang dapat membantu mencegah kram - terutama berguna jika Anda menghabiskan seluruh waktu di bawah meja di musim dingin. Mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi, serta beta karoten yang baik untuk mata

Kue beras mochi

Ozoni
Mochi berbentuk lingkaran dan persegi panjang (middle-edge.jp)

Mochi adalah kue beras lembut yang sangat lezat yang sering dimakan di musim dingin dan biasanya dikaitkan dengan Tahun Baru di Jepang. 

Uniknya di Jepang, biasanya ada laporan tahunan yang sangat tinggi tentang keadaan darurat tersedak terkait mochi di Jepang.

Tapi bahkan statistik yang mengkhawatirkan tersebut tidak menghentikan makanan ini menjadi salah satu makanan pokok musim dingin terbesar di Jepang.

Untungnya, jika dimakan perlahan dan dalam jumlah sedang, mochi tidak terlalu berbahaya dan juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Mochi dengan sendirinya cukup rendah lemak jenuh dan kolesterol yang menjadikannya pilihan camilan yang lebih baik.

Nutrisi yang sudah ada di mochi dapat bertambah saat dibungkus dengan rumput laut Jepang. Rumput laut sangat rendah kalori dan penuh dengan antioksidan, vitamin, dan mineral penting. Ini tinggi serat yang membuatnya sangat mengenyangkan karena jumlah kalorinya yang sangat rendah. Rumput laut juga terkenal kaya yodium yang baik untuk kesehatan tiroid. hampir tidak mungkin untuk tidak melihatnya dipajang di toko grosir mana pun selama Tahun Baru. 

Ubi panggang (yakiimo)

Ubi jalar Jepang panggang, tetap menjadi pilihan populer selama musim dingin meski sudah menjadi primadona di musim gugur. 

Seperti tren makanan yang dianggap baik untuk membantu menjaga berat badan, ubi jalar kaya serat yang dapat membantu kita kenyang lebih lama.

Ubi jalar Jepang bahkan diperdebatkan sebagai sumber karbohidrat yang lebih efisien daripada kentang biasa, dan berada di urutan teratas daftar karbohidrat terbaik yang bisa dimakan. Karbohidrat sangat penting untuk pola makan yang sehat dan memberi kita energi yang dibutuhkan untuk menjalani hari atau mengisi bahan bakar setelah bekerja keras.

Secara teori, di alam, tanaman yang lebih banyak warna berarti lebih banyak nutrisi, tidak terkecuali umbi oranye dan ungu cerah yang penuh dengan asam amino, vitamin, mineral, vitamin A yang sangat tinggi, yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan mendukung kesehatan mata, kulit, dan tulang.

Ubi jalar Jepang mudah ditemukan di toko grosir di perangkat khusus yang memanggangnya di atas batu panas di sebelah kasir. Sering juga ada truk yakiimo spesial yang memanggang dan menjual ubi.

Nah, itu dia tiga makanan terbaik di musim dingin yang kaya akan vitamin dan benefit kesehatan lainnya! Kita pun dapat menemukan variasi serupa di Indonesia dan mengonsumsinya untuk kesehatan kita!