Share on

Ingin membaca novel Jepang tapi galau karena gak bisa baca kanji? Tenang, 10 novel karya sastrawan dan penulis ternama Jepang ini sudah memiliki versi bahasa Inggris dan bisa kamu dapatkan di beberapa toko buku di Indonesia lho. Apa saja?

1. Norwegian Wood (Haruki Murakami)

Norwegian Wood (jw-webmagazine.com)
Norwegian Wood (jw-webmagazine.com)

Buat yang suka ke toko buku, mungkin tidak asing dengan judul di atas. Ya, selain diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Norwegian Wood (ノルウェイの森) juga sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Novel yang ditulis oleh novelis populer Haruki Murakami ini sudah terjual lebih dari 10 juta kopi lho pada 2009! Isi dari Norwegian Wood sendiri menceritakan kisah romansa antara dua karakter utamanya, Watanabe dan Naoko.

2. Kokoro (Natsume Soseki)

Kokoro (jw-webmagazine.com)
Kokoro (jw-webmagazine.com)

Jika berbicara tentang karya sastra Jepang, wajib menyebut Natsume Soseki! Salah satu karya terpopulernya, Kokoro (こゝろ/こころ) yang dirilis pada tahun 1914 ini sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Kokoro sendiri terdiri dari 3 bagian, dengan latar di Tokyo saat Zaman Meiji. Ceritanya dibuka dengan pertemuan antara seorang pemuda dan pria lebih tua yang disebut Sensei (guru). Bagian ketiganya merupakan kesimpulan dari seluruh isi cerita di mana yang ditunjukkan oleh surat dari Sensei untuk sang karakter utama.  

3. No Longer Human (Osamu Dazai)

No Longer Human (jw-webmagazine.com)
No Longer Human (jw-webmagazine.com)

Selain Kokoro milik Natsume Soseki, ada lagi nih karya sastrawan terkenal Jepang  yang mendunia, yaitu No Longer Human (人間失格) karya  Osamu Dazai yang pertama dirilis pada tahun 1948. Novel klasik yang terlihat seperti autobiografi dari sang sastrawan (Osamu Dazai bunuh diri setelah menyelesaikan novel ini, sama dengan akhir cerita). Sama seperti Kokoro, No Longer Human juga dibagi menjadi 3 bagian utama yang memperlihatkan bagaimana kehidupan seorang pria yang tidak bisa menunjukkan dirinya yang asli pada orang lain.

4. Rashomon (Ryunosuke Akutagawa)

Rashomon (jw-webmagazine.com)
Rashomon (jw-webmagazine.com)

Berikutnya, ada salah satu karya dari penulis Jepang zaman modern yang namanya mungkin tidak asing bagi kalian, Rashomon (羅生門) karya  Akutagawa Ryunosuke. Novel yang ditulis oleh Akutagawa pada tahun 1915 saat ia kuliah di Universitas Tokyo. Novelnya sendiri memiliki latar di Jepang pada akhir Zaman Heian. Novel ini menceritakan tentang seorang pria pengangguran yang bertemu dengan seorang wanita tua di Rashomon, sebuah gerbang utama di Kyoto. Nama Akutagawa pun diabadikan lewat nama penghargaan kesusastraan terkenal Akutagawa Prize yang dimulai pada tahun 1935.  

5. Kafka on the Shore (Haruki Murakami)

Kafka on the Shore (jw-webmagazine.com)
Kafka on the Shore (jw-webmagazine.com)

Selain Norwegian Wood, ada lagi nih salah satu karya terpopuler Haruki Murakami yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Kafka on the Shore (海辺のカフカ). Novel yang dirilis pada tahun 2002 ini bikin sang pengarang makin terkenal setelah memenangkan beberapa penghargaan internasional seperti 10 Best Books of 2005 dari The New York Times dan World Fantasy Award for 2006. Dalam buku ini, Haruki menceritakan tentang perjalanan Kafka, seorang anak remaja berusia 15 tahun hingga ia dewasa.