Share on

Selain anime dan manga, Jepang juga terkenal akan karya sastranya. Salah satu genre novel yang paling populer adalah misteri dan kriminal. Jika misteri pembunuhan dan cerita tentang kejar-kejaran antara polisi dan penjahat selalu membuat jantungmu berdebar, novel kriminal Jepang ini wajib kamu masukkan dalam daftar bacaanmu untuk menemani mengahabiskan waktu luang. Beberapa akan membuat kamu menebak-nebak sampai akhir, dan membuat kamu tidak bisa berhenti membaca sampai misterinya terpecahkan. Dilansir dari GaijinPot Blog, berikut adalah novel kriminal Jepang yang akan membuat jantungmu berdebar kencang.

Advertise With Us

1. Out (Natsuo Kirino)

Out
Out, novel kriminal Jepang (blog.gaijinpot.com)

Di masa ketika perempuan lebih sering menulis kisah-kisah asmara, Natsuo Kirino maju sebagai wanita Jepang penulis genre kriminal untuk naik ke panggung sastra. Novel karyanya yang berjudul “Out” diterbitkan pada tahun 1997, dan memenangkan Mystery Writers of Japan Award, penghargaan tertinggi untuk genre tersebut.

Novel ini bercerita tentang empat orang wanita yang bekerja bersama di sebuah pabrik bento kotak makan siang. Mereka berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pembunuhan yang spontan dan penyamaran perlahan membawa mereka menjadi lebih dekat, sebelum akhirnya hal-hal mulai terungkap di antara mereka dengan cara yang mengkhawatirkan. Novel ini akan menantang pemikiran kamu tentang arti keadilan, dan mencerminkan bagaimana kamu dapat membantu seorang teman untuk menutupi kejahatan.

2. The Decagon House Murders (Yukito Ayatsuji)

The Decagon House Murders
The Decagon House Murders, novel misteri Jepang (blog.gaijinpot.com)

Novel kriminal karya Yukito Ayatsuji sebagai debut menulisnya ini terinspirasi dari novel karya Christie yang terkenal di dunia, "And Then There Were None". Tokoh-tokoh pencinta misteri dalam cerita novel ini bahkan menunjukkan kesamaan.

Dalam novel ini, tujuh mahasiswa menguji nasib dengan memulai perjalanan selama seminggu ke pulau terpencil, di mana pernah terjadi pembunuhan secara brutal. Apa yang seharusnya menjadi latihan akademis bagi para siswa yang tertarik untuk menyelesaikan misteri pembunuhan tersebut, justru berubah menjadi hal yang mengerikan.

3. The Devotion of Suspect X (Keigo Higashino)

The Devotion of Suspect X
The Devotion of Suspect X, novel kriminal Jepang (blog.gaijinpot.com)

The Devotion of Suspect X adalah buku ketiga karya Keigo Higashino yang menampilkan Detektif Galileo yang jenius dan juga yang paling terkenal di dunia internasional. Novel ini telah menginspirasi sebuah film dengan judul yang sama, juga drama TV Galileo, yang dibintangi Masaharu Fukuyama sebagai detektif yang sangat cerdas.

4. Puppet Master (Miyuki Miyabe)

Puppet Master
Puppet Master, novel misteri Jepang (blog.gaijinpot.com)

Miyuki Miyabe telah menulis lusinan novel dalam berbagai genre, tetapi ceritanya yang paling banyak mendapat penghargaan internasional adalah semua buku kriminal fiksi yang intens. Puppet Master adalah novel lima volume yang ceritanya mengikuti pembunuh berantai sosiopat, pasukan polisi yang berebut, dan keluarga para korban yang mencoba mengambil potongan-potongan kehidupan mereka setelah kejadian. Novel ini adalah novel misteri psikologis mengerikan yang pasti akan membuat kamu tetap terjaga dan merasa tidak tenang sampai kamu menyelesaikan semua 1.500 halaman.

5. Confessions (Kanae Minato)

Confessions
Confessions, novel kriminal Jepang (blog.gaijinpot.com)

Kanae Minato adalah ratu genre iyamisu atau iya-mystery dari Jepang, yang merupakan misteri yang akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Mereka menelusuri celah-celah gelap dari sifat manusia dan psikologi. Seorang kritikus memuji Confessions sebagai “Gone Girl” karya Gillian Flynn versi Jepang.

Seorang anak dari guru Yuko Moriguchi yang berumur empat tahun meninggal secara tragis di sekolah tempat ia mengajar. Setelah memberikan pengakuan ke kelas dimana ia menjadi wali, ia mengundurkan diri dari posisinya, sebagai tindakan balas dendam terakhir atas kematian anaknya yang bukan merupakan kecelakaan. Saat kisah Moriguchi dan kisah-kisah tokoh lainnya perlahan terurai, ternyata ia bukan satu-satunya yang membuat pengakuan.

6. The Tokyo Zodiac Murders (Soji Shimada)

The Tokyo Zodiac Murders
The Tokyo Zodiac Murders, novel misteri Jepang (blog.gaijinpot.com)

Novel kriminal Jepang yang rumit karya Soji Shimada ini sangat populer dalam beberapa dekade. Semuanya dimulai dengan misteri pembunuhan yang mengerikan, dengan tema-tema mulai dari astrologi hingga alkimia. Pada tahun 1936, seorang pelukis kaya ditemukan tewas di studionya, dan mayat wanita berhubungan dengannya ditemukan di sekitar pedesaan Jepang. Puluhan tahun kemudian, para penyelidik membuka kembali kasus Pembunuhan Zodiak Tokyo yang belum terpecahkan.

Pemahaman novel ini merupakan tantangan bagi para pembaca, semua petunjuk yang diperlukan untuk memecahkan misteri dapat ditemukan dalam teks. Sebagai pembaca, kamu memiliki semua informasi yang sama dengan investigator dalam novel. Saat mereka berkeliling Jepang mencoba untuk menghidupkan kembali kasus bersejarah dan menyelesaikan pembunuhan mengerikan, kamu juga bisa! Novel ini merupakan tes yang sempurna bagi mereka yang tergila-gila dalam memecahkan misteri.