Berita Jepang | Japanesestation.com

Para pecinta anime pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Osamu Dazai. Ya, nama ini kembali muncul ke permukaan dan menjadi populer sejak perilisan anime “Bungou Stray Dogs” pada tahun 2016, dan dimunculkan kembali dalam anime “Bungou to Alchemist – Shinpan no Hugurama” yang rilis pada tahun 2020.

Osamu Dazai
Karakter Osamu Dazai dalam anime Bungou Stray Dogs (bungo-stray-dogs.jp)
Osamu Dazai
Karakter Osamu Dazai dalam anime Bungou to Alchemist (anime-bungo-alchemist.com)

Kemunculan karakter Osamu Dazai dalam kedua anime tersebut tidak jauh berbeda, yaitu sama-sama cerdas, memiliki masa lalu yang kelam, dan memiliki ketertarikan dengan percobaan bunuh diri.

Faktanya, karakter tersebut dibuat berdasarkan tokoh dalam dunia nyata yang juga beberapa kali mencoba untuk melakukan percobaan bunuh diri. Karakter tersebut bernama Shuji Tsushima. Shuji Tsushima merupakan anak dari keluarga aristokrat di wilayah Kanagi, Jepang. Dirinya lahir pada tahun 19 Juni 1909, dan tentunya memiliki kehidupan yang penuh dengan kemewahan karena pengaruh politik yang diterima oleh ayahnya yaitu Tsushima Gen’emon.

Huawei MatePad Pro

Lahir dalam keluarga yang besar, yaitu sebelas bersaudara, dengan kondisi kesehatan ibunya yang mulai melemah setelah melahirkan anak ke-11 dan ayahnya yang sibuk, Shuji pun terbiasa ditemani oleh pembantunya.

Shuji diketahui sudah menunjukkan potensi yang menjanjikan dalam menulis. Meskipun latar belakang pendidikannya tidak berhubungan sama sekali dengan sastra, melainkan jurusan Theater atau lebih spesifik pada Gidayu. Dirinya beberapa kali mempublikasikan puisi hasil tulisannya sendiri, berpartisipasi menulis untuk majalah sastra, bahkan menulis untuk surat kabar di Universitas Hirosaki.

Kehidupan kelam Shuji dimulai ketika dirinya mengetahui bahwa penulis favoritnya, Ryunosuke Akutagawa, meninggal karena bunuh diri. Tentunya kematian Ryunosuke Akutagawa menyebabkan kesedihan mendalam bagi Shuji. Berkat hal tersebut, kehidupan kuliahnya pun berantakan. Dirinya mulai menjerumuskan diri ke dalam minuman keras dan menyewa jasa prostitusi. Dan terakhir, dirinya mulai tertarik untuk melakukan percobaan bunuh diri.