Share on

Apakah kamu seorang pecinta literatur klasik dan sejarah Jepang? Kalau iya, kota Matsuyama di Jepang cocok untuk kamu kunjungi!

Matsuyama (松山) merupakan salah satu kota terbesar di area Shikoku, dan merupakan ibu kota Prefektur Ehime. Kota ini dikenal dengan pemandangannya yang cantik dan Kastil Matsuyama-nya. Selain itu,  kota ini juga terkenal sebagai latar dari novel populer karya Natsume Soseki yang berjudul "Botchan". Cocok banget kan buat dikunjungi pecinta sejarah dan literatur klasik?

Nah, hal menarik apa saja yang bisa dilakukan di Matsuyama, Jepang ini?

Belajar sejarah di Kastil Matsuyama

Berkunjung ke Matsuyama di Jepang, Kota Inspirasi Natsume Soseki
Kastil Matsuyama (japanguide.com)

Hal pertama yang wajib dilakukan di Matsuyama adalah mengunjungi Kastil Matsuyama (松山城, Matsuyamajō), salah satu dari 12 kastil “original” (kastil yang bertahan dalam bentuk aslinya sejak dibangun) Jepang. Kastil yang telah berdiri sejak tahun 1628 ini sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta sejarah dan kastil karena desainnya terbilang sempurna.

Seperti yang sudah disebut di atas, kastil yang diserahkan pada klan Matsudaira psda tahun 1635 ini merupajan contoh sempurna dari kastil zaman feodal. Pusat pertahanan kastil (honmaru) terletak di puncak bukit dan dapat diakses melalui berbagai gerbang. Selain menara utama, ada menara sekundrer dan beberapa kubah-kubah kecil, membuat kastio ini terlihat mewah dan menarik. Di dalamnya, ada berbagai informasi dan pajangan terkait seharah Matsuyama dan zaman feodal dulu. Keren!

Bersantai di Dogo Onsen Honkan

Berkunjung ke Matsuyama di Jepang, Kota Inspirasi Natsume Soseki
Dogo Onsen Honkan (matsuyama-sightseeing.com)

Setelah lelah mengelilingi kastil, enaknya bersantai sejenal di Dogo Onsen Honkan, onsen tertua di Jepang. Onsen yang berumur lebih dari 3000 tahun ini mendapat tiga bintang dari Michelin Green Guide Japan dan merupakan pemandian um pertama yang dianggap sebagai properti budaya nasional lho. Para pengunjung bisa menikmati onsen di “Kami no yu” di lantai pertama. Wajib dikunjungi!.

Melihat rusa liar di Pulau Kashima

Berkunjung ke Matsuyama di Jepang, Kota Inspirasi Natsume Soseki
Rusa liar di Pulau Kashima (matsuyama-sightseeing.com)

Buat pecinta hewan, bisa coba nih berkunjung ke Pulau Kashima. Di pulau kecil yang terletak tak jauh dari Kota Matsuyama,Jepang ini, kamu bisa melihat rusa liar yang lucu!

Selaim rusa liar, Pulau Kashima juga punya pemandangan cantik yang berganti tiap musimnya. Kamu juga bisa melihat pemandangan Hōjō dan kepulaun Setouchi dari puncak gunungnya lho.

Nah, buat kamu yang suka dengan literatur klasik Jepang, di sini ada monumen haiku. Beberapa penulis haiku juga sering datang ke tempar ini untuk mencari inspirasi. Wajib dikunjungi!

Menikmati Mitsuhama-yaki

Berkunjung ke Matsuyama di Jepang, Kota Inspirasi Natsume Soseki
Mitsuhama-yaki, okonomiyaki khas Matsuyama. (matsuyama-sightseeing.com)

Setelah berjalan-jalan, waktumya mengisi perut. Nah, enaknya mencoba mencicipi menu spesial khas Matsuyama, namanya mitsuhama-yaki.

Makanan yang sepintas mirip dengan okonomiyaki ini dibuat dari kie soba atau udon yang dibumbui dengan berbagai saus dan rempah seperti black pepper, lalu dimasukkan ke dalam adonan. Untuk rasa, setiap restoran punya berbagai rasa original dan unik dengan meramu berbagai macam bahan ke adonannya atau menambahkan kaldu yang berbeda-beda ke dalam tepungnya. Jadi, coba kunjungi berbagai restoran ya!

Membeli Imabari Towel, oleh-oleh khas Matsuyama

Berkunjung ke Matsuyama di Jepang, Kota Inspirasi Natsume Soseki
Imabari Towel (matsuyama-sightseeing.com)

Sebelum pulang, sebaiknya membeli oleh-oleh khas terlebih dahulu! Nah, salah satu oleh-oleh terpopuler kota di area Shikoku ini adalah handuk yang dibuat di Imabari, produsen handuk terbesar di Jepang.

Handuk asal Imabari dikenal memiliki tekstur yang lembut dan warna yang terang, sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Nah, tapi hati-hati ya jangan sampai salah beli, karena ternyata tidak semua handuk yang dijual di Imabari bisa mendapat label "Imabari Towel" lho. Jadi, untuk menjamin kualitasnya, hanya handuk yang memenuhi standar dari Imabari Towel Industrial Association-lah yang dapat membawa nama ‘Imabari towel’. Jangan sampai salah beli ya!

Nah, itulah 5 hal menarik yang bisa kamu lakukan di Matsuyama. Jangan lupa kunjungi tempat ini ya kalau ke Jepang nanti!