Share on

Selain sate yang menggunakan daging ayam atau yang disebut yakitori, di Jepang juga ada sate daging sapi yang tak kalah enak lho. Salah satu resep sate khas Jepang yang bisa dicoba adalah sate daging sapi miso khas Jepang dengan salad edamame berikut ini. Celupkan satenya dalam miso dan nikmati dengan salad edamame, yang menjadikan hidangan ini terasa sempurna seperti berada di rasa surga. Berikut adalah resep selengkapnya dikutip dari japanbullet.com.

Advertise With Us

Bahan-bahan

2 sendok teh pasta miso putih 3 sendok teh jahe segar diparut halus 1 1/2 sdm cuka beras 2 sendok teh minyak wijen 500g daging steak, dipotong tipis-tipis 1 bawang merah, potong-potong 3 sendok teh soy sauce 150g (3/4 cup) soba mentah 300g edamame beku berbentuk polong 1 wortel besar, kupas, parut kasar 200g tomat anggur, belah dua 1/3 cangkir potongan ketumbar segar dan peterseli

Cara pembuatan

Campurkan pasta miso, 2 sendok teh jahe, cuka beras 1 sendok makan dan 1 sendok teh minyak wijen dalam mangkuk besar atau piring keramik. Tambahkan steak. Bolak-balik untuk melapisinya. Tutup dan sisihkan selama 30 menit untuk mengasinkannya. Tusuk daging steak dan bawang dengan 12 tusuk sate dari bambu atau logam. Buang sisa bumbu.

Campurkan saus jahe, cuka, minyak dan kedelai yang tersisa dalam mangkuk. Sisihkan. Masak soba dalam panci air mendidih selama 10 menit. Segarkan dengan air dingin. Tiriskan. Panaskan panggangan barbecue atau chargrill pada api sedang/tinggi. Semprot tusuk sate ringan dengan minyak. Masak, putar, selama 5-6 menit hingga matang sesuai dengan keinginan.

Campurkan soba yang telah dimasak, edamame, wortel, tomat, bumbu dan saus dalam mangkuk besar. Aduk untuk mencampurkannya. Sajikan sate dengan salad edamame.