Share on

Kyoto adalah kota yang terkenal akan sejarah dan budayanya di Jepang. Jika kalian sedang liburan ke kota satu ini, mampirlah ke daerah Karawamachi dan nikmati hidangan makan siang lezat sambil menikmati suasana khas kota Kyoto.

Miyakoyasai KAMO Kawaramachi Shijo Branch

Nama restoran ini adalah Miyakoyasai, atau secara harfiah sayuran dari ibu kota lama (Kyoto dijadikan sebagai ibu kota Jepang pada tahun 794 hingga 1868), merujuk pada berbagai hidangan mereka yang disiapkan dengan sayuran yang ditanam oleh tangan petani Kyoto. Di KAMO, sayuran organik segar dipetik setiap pagi oleh seorang sommelier yang menyiapkan menu prasmanan sepuasnya.

Miyakoyasai KAMO (tsunagujapan.com)
Miyakoyasai KAMO (tsunagujapan.com)

Biaya adalah faktor lain yang berkontribusi terhadap popularitas mereka, terutama mengingat Anda dapat memilih untuk menambahkan hidangan obanzai harian khusus (masakan rumah tradisional Kyoto) dan bahkan shabu-shabu (daging irisan yang dipanggang dengan sayuran) dengan harga hanya 950 yen pada akhir pekan dan hari libur.

Sayuran organik hasil tanam Kyoto (tsunagujapan.com)
Sayuran organik hasil tanam Kyoto (tsunagujapan.com)

Semua sayuran mereka ditanam lokal, dan restoran mengambil upaya ekstra untuk secara teratur pergi ke perkebunan di mana mereka tumbuh untuk berbicara dengan para petani dan mensurvei kondisi tanaman, sehingga mereka benar-benar dapat mengeluarkan rasa terbaik dari masing-masing sayur-mayur. Ada lebih dari 15 hidangan obanzai yang berbeda, masing-masing telah diolah secara cermat oleh kepala koki. Mereka juga menyajikan sup, sayuran kukus, nasi, kari, dan makanan penutup untuk melengkapi aneka hidangan makan siang lezat dari sayuran.

Nama : Miyakoyasai Buffet Cafeteria Miyakoyasai KAMO
Jam buka :
Jam pagi (hanya buka pada hari Minggu): 8:00 - 10:00 pagi
Makan siang: 11:00 - 15:30
Makan malam: 17:30 - 22:00
Alamat :
297-2, Narayacho, Kawaramachi-dori Takoyakushi Agaru, Nakagyo-ku, Kyoto
Google Maps
Situs web (Jepang)

Chinchikurin

Chinchikurin adalah restoran yang dibangun di kominka (rumah tradisional Jepang) dengan pemandangan menghadap Sungai Takase di dekatnya. Nama yang aneh (sebuah kata pada kata chinchikurin memiliki arti cebol) terpampang di papan tanda toko, menjadi salah satu dorongan bagi orang-orang yang penasaran menemukan diri mereka tanpa sadar melangkah masuk. Meskipun restoran ini tidak menampilkan suasana kemewahan yang kalian akan temukan di ryotei (restoran tradisional Jepang), hidangan obanzai mereka dapat dinikmati dalam suasana hangat dan bersahaja.

Chinchikurin (tsunagujapan.com)
Chinchikurin (tsunagujapan.com)

Restoran ini memiliki pola pikir kuno yang menyerupai suasananya, dan mereka memiliki kebijakan untuk tidak menggunakan bumbu sintetis untuk menyiapkan makan siang lezat gaya Kyoto tradisional yang segar dan buatan tangan. Ozosui khusus mereka (sup nasi Jepang) dibuat dengan dashi (kaldu) asli dan bahan-bahan lokal yang direbus perlahan dalam hidangan bergizi luar biasa. Secara keseluruhan, kalian dapat menikmati santapan santai nostalgia ala Kyoto tua di Chinchikurin.

Nama : Chinchikurin
Jam buka :
12:00 siang - 3:00 sore
17:30 - 20:30
Libur : Rabu, Kamis pertama dan ketiga setiap bulan (atau hari berikutnya jika jatuh pada hari libur)
Alamat :
237, Sendocho, Nishi-Kiyacho-dori Shijyo Sagaru, Shimogyo-ku, Kyoto-shi, Kyoto
Google Maps
Situs web (Jepang)

Nishiki Mochitsukiya

Mochitsukiya adalah toko khusus mochi dan mereka menggunakan mochigome (beras ketan pendek) yang populer di Kansai, disebut juga Habutaemochi, untuk membuat mochi mereka. Mereka juga menyajikan udon (mie kental) yang dibuat dengan mochi dan disebut chikara udon, serta makan siang lezat dengan berbagai macam hidangan khusus yang dibuat dengan bahan-bahan yang dijual di Pasar Nishiki Kyoto, yang disebut Pasar Nishiki Bento.

Nishiki Mochitsukiya (tsunagujapan.com)
Nishiki Mochitsukiya (tsunagujapan.com)

Di etalase, kalian dapat menemukan mochi yang baru ditumbuk, namako mochi (mochi datar dan panjang yang berbentuk seperti teripang) dan kirimochi (potongan persegi panjang mochi). Para pekerja sangat bangga dengan kerajinan mereka, dan cemilan mochi di sini tidak hanya lezat, tetapi mereka juga memiliki ukuran yang sempurna untuk dimakan sambil berjalan. Cobalah mampir untuk cemilan ringan ketika kalian merasa lapar.

Cemilan Mochi (tsunagujapan.com)
Cemilan Mochi (tsunagujapan.com)

Nama : Nishiki Mochitsukiya
Jam buka : 11:00 pagi - 5:30 sore
Alamat : 
175, Higashi-uoyacho, Nakagyo-ku, Kyoto-shi, Kyoto
Google Maps
Situs web (Jepang)

omo cafe

Omo cafe tidak diragukan lagi memiliki getaran kota tua Kyoto di dalamnya. Para koki di kafe semua terlatih dalam masakan Prancis, dan dikenal karena makanan Jepang, makanan bergaya kafe, dan hidangan nasi asli lainnya. Lauk yang rumit dan menggemaskan disajikan dalam peralatan makan berbagai desain, dan sering terlihat di pos Instagram para tamu yang hadir untuk mencari makan siang yang lezat.

Hidangan Omo Cafe (tsunagujapan.com)
Hidangan Omo Cafe (tsunagujapan.com)

Bagian luar kafe memproyeksikan suasana Kyoto tradisional sementara interiornya menghadirkan kenyamanan pedesaan, menghasilkan aliran tamu yang ramai setiap hari. Omo cafe juga terletak di dekat Pasar Nishiki-Koji, jadi kalian bisa mampir untuk ngemil setelah berselera makan mencari bahan-bahan tradisional Kyoto.

Omo Cafe (tsunagujapan.com)
Omo Cafe (tsunagujapan.com)

Nama : omo cafe
Jam buka : 11:00 - 9:00 malam
Hari penutupan : Rabu
Alamat :
499, Umeyacho, Nishikigoji-dori Fuyacho Agaru, Nakagyo-ku, Kyoto-shi
Google Maps
Situs web (Jepang)

Mumokuteki Cafe

Mumokuteki adalah istilah yang berarti "tanpa tujuan", dan kafe ini dirancang dengan konsep membayangkan kehidupan melalui kesederhanaan elemen yang meliputi makan, memotong, membangun, memanfaatkan, mengetahui, dan merasakan. Mumokuteki juga memiliki departemen "pakaian" dan departemen "pertanian", serta sebuah kafe yang merupakan tambahan terbaru untuk merek mereka yang sedang tumbuh. Mereka dikenal karena menu makan siang yang alami dan sehat, serta beras mereka diambil dari pertanian yang dikelola oleh perusahaan mereka sendiri, yang disebut Mumokutekimai.

Mumokuteki Cafe (tsunagujapan.com)
Mumokuteki Cafe (tsunagujapan.com)

Hamburg tofu steak yang populer di sini adalah pilihan yang sangat direkomendasikan. Renyah di bagian luar, tetapi lembut dan lembab di bagian dalam, hidangan tahu ini memiliki sentuhan rasa lembut yang enak dan ringan di perut. Meskipun berperabotan elegan, restoran ini juga memiliki ruang keluarga yang terpisah, dan secara keseluruhan, restoran ini memiliki suasana yang nyaman untuk membawa serta anak-anak ke sana.

Hamburg Tofu Steak (tsunagujapan.com)
Hamburg Tofu Steak (tsunagujapan.com)

Nama : Mumokuteki Cafe
Jam buka : 11:30 pagi - 8:00 malam
Alamat
351, Iseyacho, Miyukicho-dori Rokkaku-sagaru, Nakagyo-ku, Kyoto-shi, Kyoto
Google Maps
Situs web (Jepang)