Share on

Tokushima adalah prefektur kecil di barat daya Osaka, di sudut pulau terkecil di Jepang, Shikoku. Prefektur ini paling dikenal sebagai tempat kelahiran tarian tradisional Jepang Awa Odori, tetapi ada juga keajaiban alam seperti Pusaran Air Naruto dan pemandangan tak tertandingi Lembah Iya. Di sini kalian juga bisa menemukan lima makanan Tokushima terkenal yang wajib kalian coba!

1. Awa no sanchiku (daging panggang)
Tokushima pernah disebut Provinsi Awa. Pertanian di kawasan ini sangat dihormati, terutama dagingnya. Awa no sanchiku, atau "tiga ternak Awa," mengacu pada daging sapi, babi, dan ayam di prefektur ini yang merupakan salah satu yang terbaik di Jepang.

Awa no sanchiku
Awa no sanchiku (gajinpot.com)

Daging sapi Awa memiliki tekstur yang lembut, terkadang agak kenyal, dan menghasilkan cita rasa manis. Daging babinya cenderung gurih dan mengandung lemak sedang. Sedangkan ayam Tokushima alias ayam Awa Odori karena gerakan mereka yang menyerupai tarian Awa Odori, hidup merumput dengan bebas. Ini memberikan daging mereka kandungan lemak yang rendah dan kaya rasa umami. Hal ini yang menjadikan ketiganya sebagai bahan utama protein banyak makanan Jepang terkenal.

2. Ramen Tokushima
Makanan Jepang terkenal selanjutnya adalah Ramen Tokushima yang hadir dalam tiga warna, yaitu cokelat, kuning, dan putih. Sup coklat ramen menggunakan tonkotsu (kaldu tulang babi) dikombinasikan dengan kecap asin dan biasanya di atasnya disajikan bersama telur ayam mentah. Kalian dijamin akan jatuh cinta sejak suapan pertama!

Ramen Tokushima
Ramen Tokushima (gajinpot.com)

Sup kuning Ramen Tokushima dibuat dengan kaldu ayam atau sayuran dan kecap asin, sedangkan sup putih menghilangkan tambahan kaldu dan hanya menggunakan kecap serta tonkotsu untuk rasa yang lebih ringan.

Topping ketiganya hampir sama, tetapi warna serta rasa manis dan asinnya berbeda. Jika kalian sedang berada di dekat Tokyo dan ingin mencoba Ramen Tokushima, mampirlah ke Inotani di Museum Ramen Shin-Yokohama, dan rasakan salah satu makanan Jepang terkenal yang satu ini.