Share on

Jika mendengar kata “Naruto” pasti yang lagsung terbayang di kepala kalian adalah Naruto si ninja yang memiliki siluman rubah berekor 9 (kyuubi) di dalam tubuhnya kan? Namun, apakah kamu tahu kalau Naruto juga merupakan nama sebuah kota di Prefektur Tokushima, Pulau Shikoku? Nah, di sini ada pusaran air unik bernama Pusaran Air Naruto!

Pusaran air Naruto (鳴門の渦潮, Naruto no Uzushio) terletak di sepanjang pantai Shikoku di Selat Naruto. Pusaran air unik ini terbentuk akibat adanya pergerakan air bervolume besar di antara Laut Pedalaman Seto dan Samudera Pasifik yang berpadu dengan geografi bawah lautnya yang unik.

Pusaran air Naruto (japan-magazine.jnto.go.jp)
Pusaran air Naruto (japan-magazine.jnto.go.jp)

Jika dilihat dari pasang surutnya, pusaran air ini terjadi kira-kira setiap enam jam sekali dan dapat dilihat selama satu kali pada pagi hari dan satu kali pada sore hari selama 1-2 jam. Ukuran pusaran pun bisa berbeda-beda, tergantung dari pasang surutnya. Biasanya, pusaran air ini berukuran lebih besar pada musim panas dan musim dingin. Pada musim semi, pusarannya bisa berukuran sangat besar, meski hanya terjadi selama 2 minggu saja.

Dalam kondisi ideal, para pengunjung bisa melihat Pusaran Air Naruto ini jika maksimal ukuran diameternya sebesar 20 meter. Di sisi lain,  sebenarnya tidak banyak yang bisa diilhat saat hari tenang atau di luar peak time. Karena itu, perhatikan dulu jadwal pusarannya ya sebelum berkunjung!

Ayo Melihat Pusaran Air Naruto!

Cara terbaik untuk melihat pusaran air ini dari dekat adalah dengan menggunakan kapal wisata (Kanchosen). Ada beberapa perusahaan yang menyediakan Kanchosen, misalnya 2 perusahaan di dekat dermaga Shikoku dan Pulau Awaji.

Selain Kanchosen dari perusahaan di atas, masih ada Uzushio Kisen yang mengoperasikan kapal-kapal kecil dari sebuah dermaga di luar Taman Naruto. Ada juga Uzushio Kankosen yang mengoperasikan 2 jenis kapal, yaitu “Aqua Eddy” (kapal berukuran sedang dengan 2 dek dan jendela underwater) dan “Wonder Naruto” (kapal berukuran besar dengan 2 dek).

Wonder Naruto (japan-guide.com)
Wonder Naruto (japan-guide.com)

Sebelum menaiki Kanchosen, kamu harus memperhatikan jadwal operasinya ya. Karena pusaran ini merupakan fenomena yang bergantung pada pasang surut air, waktu operasi kapal bisa berubah-ubah. Pastikan selalu mengecek jadwalnya ya! Biasanya, Kanchosen selalu beroperasi setiap hari mulai pukul 8.00-16:00, dengan interval waktu 30-40 menit. Kapal ini kira-kira beroperasi selama 20 hingga 30 menit setiap berlayar. Untuk harga tiket, berkisar antara 1.500 hingga 2.000 yen untuk orang dewasa dan 800 hingga 1.000 yen untuk anak-anak.

Pemandangan pusaran air terbaik berikutnya adalah pemandangan dari Uzu no Michi, sebuah jalan tertutup yang membentang di bawah Jembatan Onaruto dengan pemandangan langsung ke pusaran air. Di observation room-nya yang berjarak 45 meter di atas pusaran air, kamu bisa melihat langsung pusaran melalui jendela kaca di lantainya lho!  

Uzu no Michi (japan-guide.com)
Uzu no Michi (japan-guide.com)
Jendela kaca di lantai Uzu no Michi (japan-magazine.jnto.go.jp)
Jendela kaca di lantai Uzu no Michi (japan-magazine.jnto.go.jp)
Jembatan Onaruto (japan-magazine.jnto.go.jp)
Jembatan Onaruto (japan-magazine.jnto.go.jp)

Kamu juga bisa melihat pusaran air ini melalui Naruto Park (Naruto Koen), sebuah taman di sekitar pusaran air dengan berbagai viewpoints yang menangkap pemandangan pusaran air dan Jembatan Onaruto yang cantik. Kamu juga bisa melihat Pusaran Air Naruto dari Senjojiki Observatory dan Eska Hill dari eskalator berbayarnya yang memiliki tinggi 68 meter!

Akses ke Naruto

Cara paling mudah menuju Naruto dari bandara dan berbagai kota besar di area Kansai adalah dengan menggunakan bus yang melewati sebuah jembatan yang menghubungkan Honshu dan Shikoku melalui Pulau Awaji. Perjalanan ini memakan waktu hingga 1 jam 20 menit dari Kobe, 2 jam dari Osaka, dan 2 jam 30 menit dari Kansai International Airport. Sedangkan jika kamu datang dari Tokyo dan Fukuoka, bisa naik pesawat menuju Tokushima Awaodori Airport lalu menaiki bus dan sampai deh di Kota Naruto!

Unik ya? Jangan lupa melihat Pusaran Air Naruto ya jika ke Jepang nanti!

Sumber:

Japan Guide

Japan Monthly Web Magazine