Share on

Osaka merupakan salah satu kota yang terkenal dengan makanannya sehingga dikenal dengan julukan Tenka no Daidokoro (the Nation's Kitchen). Bahan-bahan segar membuat rasa makanannya luar biasa. Makanan lautnya berasal dari Teluk Osaka dan Laut Pedalaman Seto, sedangkan sayuran diambil dari tanah pertanian di sekitarnya. Maka tak aneh apabila makanan Osaka sangatlah menggoda untuk dinikmati. Makanan Osaka yang paling dikenal tentunya adalah takoyaki dan okonomiyaki, tapi masih banyak lagi kuliner yang wajib kamu coba. Berikut adalah daftarnya!

  • Takoyaki

Takoyaki
Takoyaki (qraved.com)

Bagian sebagian orang di Indonesia mungkin sudah tidak asing dengan takoyaki. Makanan satu ini sangat sering dijumpai ketika berada di festival-festival budaya Jepang, bahkan di Jepang sendiri kalian bisa menikmati takoyaki di seluruh prefektur Jepang. Tetapi jika kalian berkunjung ke Osaka, kalian wajib menikmati salah satu street food yang sangat populer ini. Takoyaki biasanya memiliki diameter 3-5cm yang berbentuk bulat dengan memiliki isi yang dari potongan gurita dan acar (pickle) jahe. Makanlah sesegera mungkin setelah dibuat supaya lebih enak!

  • Okonomiyaki

Okonomiyaki
Okonomiyaki (jw-webmagazine.com)

Sama seperti takoyaki, biasanya okonomiyaki juga sering di jual dalam festival kebuadayan Jepang yang diadakan di Indonesia. Okonomiyaki (secara harfiah berarti 'dimasak sesukamu') biasanya disajikan dalam upacara Buddha di Jepang. Kemudian, okonomiyaki berkembang menjadi hidangan yang sangat favorit dengan rasa yang gurih di restoran atau tempat makan. Makanan Osaka ini menjadi sangat populer ketika perang, di mana  ketersediaan nasi menjadi langka.

Biasanya di orang-orang Jepang akan menikmati okonomiyaki dengan bir Jepang dingin. Untuk penyajiannya sendiri kalian akan diberikan bahan dan bumbu yang bisa kalian pilih sendiri sesuai selera. Mulai dengan topping yang berisikan gurita hingga bacon.

  • Oshi-zushi

Oshi-zushi
Oshi-zushi (pintrest.com)

Mungkin banyak yang kurang familier dengan sushi ala Osaka. Biasanya kita lebih mengenal sushi secara umum yang banyak dijumpai di Tokyo. Bahkan di Osaka sendiri, Oshi-zushi sangat sulit untuk ditemukan. Jika kalian berkunjung ke Osaka dan memiliki banyak waktu untuk wisata kuliner, ada baiknya kalian mencari salah satu hidangan satu ini. Oshi-zushi sendiri merupakan salah satu varian sushi paling tua yang ada hingga saat ini, kurang lebih berumur 400 tahun.

  • Kushikatsu

Kushikatsu
Kushikatsu (foto: Keisuke Tanigawa)

Jika kalian ingin mencoba makanan dengan budget yang sangat bersahabat, ada baiknya mencoba kushikatsu. Makanan ini menyerupai makanan asal Indonesia yaitu sate. Bedanya, yang disajikan biasanya sangat beragam mulai dari sayuran, makana laut, daging sapi ataupun ayam yang digoreng ingga bewarna keemasan. Kushikatsu sendiri dipercaya sangat baik untuk memperlancar pencernaan. Kalian bisa membeli kushikatsu ketika sedang berkunjung ke izakaya di Osaka.

  • Kitsune udon

Kitsune udon
Kitsune udon (pintrest.com)

Kitsune udon merupakan udon asli Osaka yang memiliki kuah kaldu yang halus dari rumput laut dan dashi ikan. Makanan Osaka ini dihidangkan dengan topping tahu yang digoreng dengan rasa manis. Pada tahun 1980-an, biasanya kitsune udon ditemukan di restoran sushi yang kemudian beralih menjual udon.