SHARE THIS ARTICLE

Saat cuaca sedang panas beberapa orang bisa kehilangan nafsu makannya karena mulut dan tenggorokan terasa kering. Untuk menyegarkan tenggorokan, di Jepang ada hidangan bernama Hiyajiru, yaitu sup dingin dibumbui dengan miso dan bumbu lainnya yang memiliki topping seperti mentimun dan kerang kecil bernama kaibashira. Sup yang menjadi asupan gizi bagi para petani selama mereka beristirahat di musim panas ini dikenal sebagai masakan lokal di berbagai daerah misalnya seperti di Prefektur Miyazaki. Berikut ini ada resep dan cara membuat Hiyajiru yang dijelaskan oleh ahli memasak bernama Maki Watanabe dikutip dari japan bullet.com.

Bahan-bahan (untuk 2 porsi):

30 gram chirimenjako (ikan kecil yang diberi rasa asin atau ikan teri)
1 blok tofu/tahu
1 mentimun
2 terong
2 tunas jahe myoga
6 daun shiso hijau
600 cc kaldu dashi
4 sdm miso
4 sdm pasta wijen putih
2 sdm wijen putih panggang

Cara pembuatan:

1. Potong mentimun menjadi irisan berbentuk bulat dengan tebal 2 milimeter, taburi ⅓ sendok teh garam di atasnya dan aduk hingga lunak. Peras untuk menghilangkan airnya. Rendam myoga dalam air untuk menghilangkan kepedasannya dan buang airnya dengan lap kertas/tisu. Potong.

2. Campur chirimenjako dan miso. Panaskan wajan di atas api sedang dan sebarkan campuran secara merata.

3. Tempatkan campuran ke dalam cobek/ulekan, tambahkan pasta wijen dan wijen panggang dan giling. Tambahkan sedikit dashi selama beberapa saat dan campur dengan bahan-bahan.

4. Potong terong dan goreng dalam rendaman minyak pada suhu 180 C.

5. Letakkan mentimun, terong dan myoga ke dalam sup miso dan tambahkan tofu, gunakan sendok untuk menjatuhkannya ke dalam sup.

6. Tuang sup ke dalam mangkuk dan tempatkan potongan tipis shiso di atasnya. Masukkan es batu ke dalamnya dan taburi wijen di atasnya.

Source : japanbullet.com
COMMENT