Share on

Jepang dikenal sebagai negara yang aman dan nyaman untuk semua orang, juga terkenal akan hal-hal yang aneh dan unik. Beredar banyak rumor aneh yang terkadang sulit dipercaya tentang Jepang, seperti orang-orang mengenakan masker bedah di tempat umum, sampai polisi yang berpatroli sambil membawa katana (pedang). Tapi apakah semua rumor itu benar? Berikut adalah rumor-rumor aneh tentang Jepang yang pastinya pernah kamu dengar.

1. Kereta di Jepang benar-benar tepat waktu

Kereta api di Jepang
Kereta api di Jepang benar benar tepat waktu (pakutaso.com)

Merupakan rumah bagi sistem transportasi paling efisien, Jepang bangga akan efisiensi dan pengaturan waktu mereka. Ketika kereta di negara lain sering tertunda atau memiliki pencatatan waktu yang kurang baik, kereta di Jepang selalu berangkat tepat di waktu yang telah dijadwalkan. Jika dengan alasan tertentu terjadi penundaan atau keterlambatan, bahkan meskipun hanya beberapa menit, pihak pengelola akan mengumumkan penyebabnya dan meminta maaf. Jika terjadi hal yang darurat dan keberangkatan terpaksa ditunda lebih lama, pihak pengelola akan membuatkan surat permohonan maaf untuk diberikan kepada perusahaan para penumpang.

2. Pengelompokan sampah yang rumit

Pengelompokan Sampah Jepang
Pengelompokan sampah di Jepang (pakutaso.com)

Di Jepang, setiap kota menyediakan buku panduan khusus pembuangan sampah untuk setiap rumah. Sampah dipisahkan menjadi yang bisa dibakar dan yang tidak, lalu dipisahkan lagi menurut bahannya. Dalam satu area tempat sampah, bisa ada banyak kotak dengan berbagai warna, satu khusus untuk kaleng, satu lagi untuk botol plastik, berbeda lagi dengan yang untuk botol kaca, dan lainnya. Sampah berukuran besar seperti furnitur dan elektronik tidak boleh dibuang begitu saja, tetapi harus meminta jasa khusus untuk mengambilnya.

3. Orang-orang mengenakan masker bedah di tempat umum

Masker Bedah
Orang-orang mengenakan masker bedah di tempat umum (pakutaso.com)

Masker bedah yang digunakan untuk menutup mulut dan hidung di sebagian besar negara biasanya jarang terlihat di luar rumah sakit. Tapi di Jepang, masker ini dijual secara umum dan dipakai di mana-mana. Sebagian besar orang Jepang biasanya mengenakan masker saat musim dingin untuk menghindari penyakit dari orang lain, atau menyebarkan penyakit dari diri mereka sendiri. Tetapi mereka juga memakai masker ini di musim-musim lainnya, untuk melindungi dari debu dan polusi. Karena kebiasaan ini, tren menghias masker menjadi item fashion populer di kalangan anak muda Jepang.

4. Vending machine bisa ditemukan di mana saja

Vending Machine
Vending machine bisa ditemukan dimana saja (pakutaso.com)

Dari pusat kota Tokyo, sampai ke ujung pelabuhan, bahkan di sekitaran atea pertanian dan ladang, vending machine adalah hal yang umum untuk dijumpai. Mesin-mesin ini sangat praktis dan terus beroperasi selama 24 jam. Selain menjual minuman atau makanan, vending machine di Jepang juga menjual banyak item lainnya seperti payung, buku, merchandise, bahkan gadget.