Share on

Jepang memang dikenal sebagai negara yang penuh dengan vending machine. Saking banyaknya, ada yang mengatakan kalau perbandingan vending machine Jepang dengan manusianya berbanding 1:23. Nah, apakah kamu penasaran tentang fakta di balik mesin ini? Berikut ini ada 5 fakta menarik tentang vending machine di Jepang. Apa saja?

Advertise With Us

Indikator rendahnya kasus kriminal Jepang

5 Fakta Menarik Vending Machine Jepang
Vending machine, indikator keamanan Jepang (tsunagujapan.com)

Vending machine memproses pembelian dan pembayaran secara otomatis. Artinya, mesin ini menyumpan uang yang mereka dapatkan dari pelanggan kan? Jika vending machine menyimpan uangn dalam jumlah besar dan diletakkan begitu saja di tengah kota, tidak sulit membayangkan mesin-mesin ini diincar banyak perampok. Faktanya,  banyak kasus di berbagao belahan dunia yang terkait dengan vending machines. Karena itu, sangat umum jika kamu melihat vending machine dikelilingi dengan pagar sebagau pengaman. Namun, kamu tidak akan menemukannya di Jepang. Ya, Jepang memang dikenal sebagau negara dengan tingkat keamanan tertinggi, membuat para wanita saja bisa berjalan dengan nyaman di malam hari atau pengguna kereta yang bisa tidur nyenyak meski smartphone mereka diletakkan di pangkuannya. Karena itu, banyaknya vending machine di Jepang bisa menjadi salah satu indikator yang membuktikan kalau negara ini aman kan?

Bermanfaat untuk pegawai kantoran.

5 Fakta Menarik Vending Machine Jepang
Vending machine bermanfaat bagi pegawai kantoran (tsunagujapan.com)

Salah satu alasan mengapa banyak vending machine di Jepang adalah karena mesin ini membiarkan penggunanya membeli barang secepat mungkin, sangat berguna bagi para pegawai Jepang yang sibuk.

Nah, bagaimana jika mengaitkan antara vending machine dan jam kerja para pegawai? Menurut data yanh dikumpulkan situs "GLOBAL NOTE", lamanya jam kerja Jepang memiliki peringkat ke-22 di dunia. Meski masih banyak negara yang jam kerjanya melebihi negara in,u Jepang punya kultur kerja yang unik. Misalnya, beberapa perusahaan memiliki sistem "minashi zangyo (expected overtime)" di mana gaji bulanan dibayarkan bersama jam expected overtime. Artinya, uang lembur tidak akan dibayarkan sebelum mencapai waktu lembur yang telah ditentukan, membuktikan kalau jam kerja Jepang lebih dari yang disebutkan di peringkat tersebut. Karena itu, banyak pegawai sibuk di Jepang yang tak ingin membuang waktu mereka lebih memilih menggunakan vending machine dibanding harus pergi ke cafe atau mengantri di konbini. Lebih praktis!

Siapapun bisa menyewanya!

5 Fakta Menarik Vending Machine Jepang
Vending machine di rumah pribadi Jepang (tsunagujapan,com)

Jumlah vending machine yang membludak di Jepang ternyata dipengaruhi oleh strategi pabrik vending machine. Ketika pertama kali diperkenalkan, toko yang ingin membeli vending machine harus membeli mesinnya yang satu unitnya bisa mencapai harga 1 juta yen. Kini, vending machine dapat disewa tanpa dikenai biaya. Hasilnya, jumlah vending machine di Jepang meroket dan tersebar di seluruh Jepang.

Faktanya, kini semua orang bisa memiliki vending machine di Jepang dengan menghubungi pabrik vending machine untuk mendapat izin. Setelah proses instalasi, pabrik vending machine-lah yang akan mengurus semuanya, termasuk mengisi ulang produk. Karena itu, jangan aneh jika kamu menemukan vending machine yang terletak di depan rumah penduduk ya.

Rahasia di balik vending machine

5 Fakta Menarik Vending Machine Jepang
Vending machine yang sedang diisi ulang (tsunagujapan.com)

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi penyebaran vending machine adalah sistem manajemen dan operasinya. Makin banyak jumlah vending machine, makin banyak tong sampah yang berjajar di kota, membuat keindahan kota berkurang. Nah, bagaimana cara Jepang menjaga agar kota tetap bersih? Ternyata, pabrik venring machine mnejaga agar mesin mereka dapat bekerja sebaik-baiknya dengan menaruh tempat sampah di sebelah mesin, mengosongkan tempat sampahnya dengan teratur, dan memastikan tak ada kerusakan pada mesinnya. Keren!

Dulu, semua produk dalam mesin ini hanya berharga 100 yen!

5 Fakta Menarik Vending Machine Jepang
Vending machine 100 yen (tsunagujapan.com)

Harga produk di vending machine yang cenderung murah merupakan salah satu hal yang membuat mesin ini bertahan hingga kini. Malah, pada tahun 1989 saat belum naiknya pajak di Jepang, semua produk dalam benda ini bisa didapatkan dengan harga 100 yen saja.

Sayangnya, bisnis vending machine sempat menurun pada tahun 2000 karena kenaikan harga produk yang tinggi, membuat orang malas karena tidak bisa lagi jajan dengan menggunakan satu buah koin saja.

Namun, bisnis ini kembali populer setelah zaman uang elektronik seperti sekarang. Dengan uang elektronik, penggunaan mesin ini menjadi makin praktis!

Setelah mengetahui fakta vending machine Jepang, makin penasaran kan ingin mencobanya suatus aat nanti?