Share on

Katashiro adalah alat ritual berbentuk manusia. Mereka biasanya terbuat dari kertas, tetapi kadang-kadang dari kayu, jerami, atau logam. Ada berbagai bentuk dan desain katashiro yang disesuaikan dengan berbagai tujuannya. Katashiro termasuk ke dalam jenis yorishiro  atau benda-benda upacara yang digunakan sebagai substitusi atau pengganti untuk seseorang selama ritual. Mereka biasanya digunakan dalam ritual pemurnian, di mana dosa seseorang ditransfer ke katashiro yang kemudian dibuang ke sungai atau kolam air untuk menghilangkan dosa-dosa tersebut.

Katashiro, Sebuah Alat Ritual Jepang yang Bisa Menghilangkan Semua Dosa
Ritual Pembersihan Dosa Menggunakan Katashiro

Katashiro juga sering digunakan untuk menangkal kejahatan dengan cara yang sama. Jika kalian bernasib buruk, katashiro dapat digunakan untuk menyerap nasib buruk dari kalian atau mencegah hal-hal buruk terjadi. Jika kalian mengira bahwa kalian akan terkena kutukan, katashiro dapat dipersiapkan sebagai target pengganti. Benda tersebut akan menerima semua efek jahat yang seharusnya terjadi kepada orang yang digantikannya.

Katashiro, Sebuah Alat Ritual Jepang yang Bisa Menghilangkan Semua Dosa
Model Katashiro

Namun ternyata, Katashiro juga dapat digunakan untuk mengutuk atau menyantet seseorang. Biasanya mereka akan menulis nama, tanggal lahir dan informasi pribadi lainnya di badan boneka kertas tersebut. Setelah mantra diucapkan, orang yang ditulis namanya pun akan terkena efek kutukan yang dikirimkan kepadanya.

Kalian dapat menemukan benda ini sebagian besar beberapa hari sebelum tahun baru. Beberapa kuil shinto menyediakannya untuk membantu para pengunjung menghapus dosa yang telah ia lakukan.

(featured image: pinbokejun)