Berita Jepang | Japanesestation.com

Topan Ampil yang dahsyat terus bergerak mendekati Tokyo sejak Jumat (16/08) pagi. Badan Meteorologi Jepang menghimbau penduduk untuk tetap waspada dan bersiap menghadapi angin kencang serta hujan lebat. Selain itu, keberadaan angin Topan Ampil juga meningkatkan risiko bencana secara tajam, terutama untuk tanah longsor, gelombang tinggi, dan banjir.

Dilansir dari Kyodo, Topan Ampil saat ini berada sekitar 120 kilometer arah timur laut Pulau Hachijo dan bergerak mendekati Tokyo dengan kecepatan 15 kilometer per jam. Tekanan atmosfer di pusat badai mencapai 950 hektopaskal dan kecepatan anginnya mencapai 216 kilometer per jam.

Pengumuman pembatalan layanan Tokaido Shinkansen di Stasiun JR Tokyo (Kyodo).
Pengumuman pembatalan layanan Tokaido Shinkansen di Stasiun JR Tokyo (Kyodo).

Sejumlah operator kereta dan penerbangan telah membatalkan layanannya sepanjang hari. JR Central menangguhkan seluruh layanan Tokaido Shinkansen. Jalur kereta Shin-Osaka di Jepang bagian barat juga telah dibatasi. JR East membatalkan beberapa kereta di jalur Tohoku, Joetsu, dan Yamagata.

Operator penerbangan Jepang, Japan Airlines dan All Nippon Airways melaporkan telah membatalkan 650 penerbangan internasional dan domestik yang berpusat di Bandara Haneda dan Bandara Narita. Pembatalan ini memengaruhi sekitar 120.000 orang.

Beberapa kawasan perbelandaan dan pusat perbelanjaan Sogo di Prefektur Chiba memutuskan untuk menutup layanan sementara. Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea juga akan menutup layanannya enam jam lebih cepat dari biasanya.

Angin Topan Ampil diperkirakan akan membawa hujan lebat sekitar 300 milimeter ke wilayah Kanto-Koshin dalam 24 jam.