Berita Jepang | Japanesestation.com

Jepang berhasil meraih medali emas di Olimpade Paris 2024 untuk kategori anggar putra beregu pada Minggu (04/08) lalu. Jepang mendapatkan medali emas ini setelah mengalahkan Italia dengan skor 45-36 di Grand Palais, Paris.

Lewat kemenangan ini, Jepang telah mencetak sejarah baru sebagai negara non-Eropa pertama yang memenangkan emas untuk kategori ini di ajang olimpiade musim panas.

Keempat anggota tim anggar putra saat menerima medali emas (Kyodo).
Keempat anggota tim anggar putra saat menerima medali emas (Kyodo).

Keempat anggota tim ini menyampaikan rasa bahagia yang luar biasa. “Saya yakin kami punya kualitas untuk mendapatkan medali emas. Memang ada tekanan untuk mendapatkan medali hari ini, dan saya sangat senang kami bisa meraih medali emas,” ujar Takahiro Shikine.

Pertandingan dimulai dengan permainan dari Takahiro Shikine dan Tommaso Marini. Italia sempat unggul pada leg keempat lewat permainan dari Guillaume Bianchi dengan skor 20-18, sementara Kyosuke Matsuyama berhasil menjaga skor tetap imbang di leg kelima.

Kazuki Iimura berhasil membalik keadaan di leg keenam, menempatkan Jepang dalam posisi unggul. Pertandingan berlangsung dengan sengit antara Yudai Nagano dan Alessio Foconi dengan skor 40-34. Iimura kemudian berhasil membawa tim meraih medali emas.

“Rekan satu tim saya berhasil melakukannya dengan baik, dan saya merasa harus menyelesaikan pekerjaan itu,” ujar Iimura.

Medali ini menjadi medali emas pertama setelah Olimpiade London 2012 yang berhasil dimenangkan oleh Koki Kano lewat anggar putra tunggal. Sebelum Olimpiade Paris, Jepang telah membawa pulang tiga medali untuk olahraga anggar.

“Saya bangga dengan kita semua,” ujar Matsuyama.