Berita Jepang | Japanesestation.com

Gempa bumi berkekuatan M7.1 baru saja menghantam wilayah Kyushu pada Kamis (08/08) sore waktu setempat. Peringatan tsunami oleh Badan Meteorologi Jepang telah dikeluarkan untuk Kochi, Miyazaki, Ehime, Oita, dan Kagoshima.

Gempa terjadi pada pukul 16.43 sore waktu Jepang pada kedalaman 30 kilometer. Badan Meteorologi Jepang mencatat pergerakan tanah dengan skala 6 di lepas pantai Prefektur Miyazaki. Titik gempa bumi berada kurang dari 20 mil dari pantai Miyazaki.

Menurut keterangan dari NERV, lembaga pemantau gempa bumi Jepang, titik pusat gempa berada di Laut Hyuga-Nada. Para pejabat menyampaikan  bahwa gelombang setinggi satu meter diperkirakan akan terjadi setelah gempa bumi. Sebelumnya gempa bumi ini tercatat memiliki kekuatan M6.9 dan akhirnya diperbarui menjadi M7.1

Badan Meteorologi Jepang juga sedang menyelidiki apakah gempa bumi ini berkaitan dengan potensi gempa bumi besar di sepanjang Palung Nankai yang membentang dari lepas pantai barat daya hingga Jepang bagian tengah. Layanan kereta peluru Kyushu dan Nishi-Kyushu dihentikan sementara.

Artikel ini telah diperbarui pada Kamis, 8 Agustus pukul 16.16 WIB, dengan menambahkan informasi tentang kedalaman gempa dan potensi gempa bumi besar di Palung Nankai.