Share on

Di era informasi saat ini, ketika berita datang lebih cepat dan lebih sering daripada peristiwa itu sendiri dapat terjadi, sering kali hal ini membuat kita frustasi, terutama berkaitan dengan pandemi virus corona. Baik itu berita terbaru jumlah pasien positif, lock down di berbagai daerah terdampak, maupun himbauan yang disampaikan berulang-ulang. Virus Covid-19 dapat didesinfeksi dan dihindari, tetapi lingkungan yang diciptakan oleh aliran informasi yang tak terhentikan ini menghadirkan ancaman lain. Hal ini mendorong Palang Merah Jepang membuat antisipasi melalui video Covid-19 terbaru yang mengingatkan kita untuk menjaga perspektif kita tetap objektif, yang sama pentingnya dengan kesehatan kita sendiri lewat mencuci tangan dan menjaga jarak sosial.

Advertise With Us

Video Covid-19 ini dalam bahasa Jepang tetapi memiliki subtitle bahasa Inggris jadi pastikan mereka sudah diaktifkan.

Video tersebut menjelaskan bahwa seiring dengan wabah virus yang datang, rasa takut juga dapat menginfeksi pikiran kita. Ketakutan ini diumpankan melalui informasi yang salah dan berita negatif yang dapat tumbuh menjadi ketidakpercayaan dan paranoia, yang kemudian dapat membawa serangkaian masalah baru dan bahkan membuat kita lebih rentan terhadap virus. Hal ini sebelumnya digambarkan melalui Manga virus corona yang dirilis juga oleh Palang Merah Jepang.

Tetapi seperti halnya kebersihan yang tepat dapat sangat mengurangi peluang kita terinfeksi Covid-19, konsumsi media yang tepat, penelitian, dan pemikiran kritis dapat membantu menjaga diri kita dari rasa takut. Video ini juga menguraikan cara untuk mempertahankan pikiran yang jernih seperti menerima bahwa hal-hal tertentu sebenarnya tidak pasti dan menjaga emosi kita tetap stabil.

Orang-orang takut akan penilaian lingkungan terhadap diri mereka jika mereka memiliki gejala Covid-19 (soranews24.com)
Orang-orang takut akan penilaian lingkungan terhadap diri mereka jika mereka memiliki gejala Covid-19 (soranews24.com)

Pesan itu diterima dengan baik dan jelas oleh mereka yang menonton video, tetapi banyak yang bertanya-tanya apakah video Covid-19 ini bisa diterima oleh cukup banyak orang di luar sana.

“Menonton video ini membuat saya merasa lebih baik. Mungkin sama pentingnya dengan mencuci tangan."

"Saya harap lebih banyak orang mendapatkan pesan ini."

"Jangan beri makan rasa takutmu dan menyerah pada orang yang mencoba memprovokasi kamu."

"Pesan ini penting setiap saat, bukan hanya sekarang."

“Tidak ada yang bisa mengkonfirmasi apa yang belum terbukti. Tinggalkan hal-hal yang tidak pasti sebagaimana adanya.”

"Jika kalian akan menyebarkan sesuatu, buatlah hal tersebut bermanfaat seperti video ini."

"Video informasi yang sangat tenang dan bertanggung jawab. Saya berharap kami memiliki lebih banyak hal seperti ini."

Menghilangkan rasa takut dengan mengendalikan emosi diri (soranews24.com)
Menghilangkan rasa takut dengan mengendalikan emosi diri (soranews24.com)

Jadi, setiap orang perlu meluangkan waktu untuk mengingatkan dirinya guna menikmati hidup, tidak peduli seberapa terbatasnya itu. Pola pikir dan kesehatan mental yang terjaga, selaras dengan kesehatan fisik yang baik pula. Tim Japanese Station juga akan terus melakukan yang terbaik dengan menyeimbangkan liputan terkait virus corona dengan banyak artikel menghibur seputar berita Jepang terkini lainnya. Jadi jangan sampai ketinggalan ya!