Berita Jepang | Japanesestation.com

Pandemi memang menguak banyak sisi gelap di Jepang, seakan tidak ada kabar baik di tahun 2020 lalu. Namun ternyata, di tahun 2021 ini, ada banyak hal-hal luar biasa yang bisa dinanti di Jepang. Pembangunan infrastruktur baru dan jalannya event luar biasa masih akan berlanjur di Jepang pada tahun 2021!

Apa saja ya?

Haruki Murakami Library (Spring 2021)

Haruki Murakami
Haruki Murakami (mixmag.asia)

Haruki Murakami, pria di balik buku-buku ikonik seperti Norwegian Wood, 1Q84, dan Kafka on the Shore, tahun ini akan memiliki perpustakaan dengan namanya, yang terletak di halaman Universitas Waseda, universitas di mana Murakami pernah menimba ilmu.

Huawei MatePad Pro

Dirancang oleh sesama ikon budaya Jepang yang masih hidup, Kengo Kuma, perpustakaan ini tidak akan menjadi bangunan yang sepenuhnya baru, melainkan perpanjangan dari Gedung Universitas 4 yang telah direnovasi, yang merupakan lokasi yang paling kebetulan mengingat ini adalah rumah bagi Museum Teater Memorial Tsubouchi, di mana Murakami sering berkunjung sebagai siswa drama Waseda. Juga dikenal sebagai "Rumah Sastra Internasional Waseda," perpustakaan akan menampilkan arsip pribadi penulis, yang telah ia sumbangkan ke universitas, dan koleksi karyanya diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa.

Waseda University berada di prefektur Shinjuku.

Comiket 2021 (2-4 Mei 2021)

Para otaku kini bisa kembali bersukacita karena pertemuan tahunan mereka akan kembali di tahun 2021, setelah setahun menjadi virtual.

Biasanya diadakan dua kali setahun sejak debutnya pada tahun 1975, 2020 adalah kali pertama acara tersebut dibatalkan dalam sejarah Comiket. Sebelum tahun 2020, acara ini menyambut 200.000 dan 300.000 orang setiap hari, yang berbondong-bondong ke Tokyo Big Site untuk bertemu dengan pencipta manga favorit mereka, cosplayer, dan berbagai ikon subkultur pop. Tahun ini, bagaimanapun, penyelenggara memperkirakan akan menyambut sepuluh ribu orang untuk tetap berada dalam batas-batas protokol jarak sosial.

Acara akan diadakan di Tokyo Big Sight seperti biasanya.

Kairakuen Garden dari TeamLabs

Kairakuen TeamLabs
Kairakuen berkolaborasi dengan TeamLabs (tokyoweekender.com)

Terletak sekitar dua jam dari pusat Tokyo, Taman Kairakuen Ibaraki adalah destinasi perjalanan sehari yang sangat berharga. Sebagai taman lanskap bergaya Jepang yang menakjubkan, Taman Kairakuen nampak indah sepanjang musim (terutama di musim semi berkat 3.000 pohon plum yang menghuni taman).

Namun kini segala hal tersebut akan menjadi sedikit lebih menarik dengan pengumuman bahwa TeamLab akan mendirikan toko di Taman Kairakuen antara 13 Februari hingga 21 Maret, dan akan mengubah taman yang sudah cantik ini menjadi ruang seni interaktif berbasis atraksi iluminasi (agar tidak merusak flora yang ada). Pengambilalihan ini akan bertepatan dengan Festival Mito Plum Blossom tahunan di kawasan itu, perayaan terbesar dari jenisnya di Jepang. Tidak ada alasan untuk tidak mendatangi lokasi ini jika kamu berada di Jepang!

Menyambut 2021, Jepang sudah menyiapkan banyak hal. Menurutmu, apa yang Indonesia bisa siapkan secara optimis di tahun 2021 ini?