Berita Jepang | Japanesestation.com

Setelah serangan siber yang menimpa Kadokawa dua pekan lalu, salah satu konglomerasi media di Jepang ini memutuskan untuk menangguhkan beberapa layanan termasuk Niconico hingga waktu yang tidak dapat ditentukan. Pihak Kadokawa memperkirakan jika waktu penangguhan bisa berlangsung selama satu bulan atau lebih. Meski telah melakukan tindakan penanggulangan, Kadokawa mengaku beberapa sektor bisnisnya ikut terkena dampak dari serangan siber ini, termasuk sistem keuangan dan merchandise. Akibatnya Kadokawa juga memutuskan untuk menunda perilisan merchandise terbaru mereka.

Layanan video dan siaran langsung Niconico memang tidak terkena dampak langsung dari serangan siber, namun penangguhan tetap dilakukan untuk memudahkan investigasi. Daftar layanan Niconico yang ditangguhkan termasuk Niconico Douga, Niconico Live Streaming, Niconico Channel, dan lainnya.

Hingga saat ini, pihak Kadokawa masih melakukan investigasi, termasuk memeriksa apakah ada kebocoran informasi pribadi termasuk kartu kredit pengguna. Anggota Niconico Premium dan saluran berbayar lainnya akan diberikan kompensasi untuk bulan Juni dan Juli. Operator Niconico Channel juga akan mendapatkan kompensasi.