Berita Jepang | Japanesestation.com

Pihak pemerintah akhirnya akan mengizinkan layanan konsultasi daring oleh dokter hewan. Kebijakan ini nantinya akan berjalan sesuai dengan pedoman yang dibentuk oleh Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan. Harapannya, peraturan ini dapat membantu dokter hewan dan meningkatkan kenyamanan pemilik hewan peliharaan.

Japan Veterinary Medical Association di tahun 2022 pernah membuat pedoman jika dokter hewan dapat memberikan diagnosis awal secara daring dalam kondisi tertentu. Pedoman yang dibuat oleh Japan Veterinary Medical Association ini telah meningkatkan jumlah dokter hewan yang menggunakan layanan ini. Meski begitu, muncul banyak keluhan dari dokter hewan karena pihak Pemerintah Kota Tokyo menyatakan layanan daring ini melanggar undang-undang dokter hewan.

Menyebarnya virus corona membuat kegiatan konsultasi daring menjadi marak, namun dengan catatan khusus. Pemerintah Jepang juga telah melonggarkan aturan terkait konsultasi daring untuk budidaya ikan dan hewan ternak pada tahun 2021. Sebelumnya, survei yang dilakukan oleh Mirpet Co. menyebutkan jika 69,4% pemilik hewan peliharaan ingin menggunakan layanan konsultasi daring dan 77,4% dokter hewan ingin pemerintah bersama asosiasi dokter hewan membuat pedoman terkait layanan konsultasi daring ini.