Berita Jepang | Japanesestation.com

Berang-berang yang populer di Akuarium Toba telah menjadi duta dukungan Kota Toba, Prefektur Mie.

Untuk mempromosikan kota, berang-berang laut betina yang dinamakan May tersebut diajak oleh pemerintah untuk berpartisipasi dalam berbagai acara online dan menggunakan fotonya untuk kartu nama maupun barang dagangan resmi, serta mendorong donasi ke kota melalui program pajak furusato nozei.

Berang-berang laut menerima kue es dengan lobster di Akuarium Toba di Toba,
Berang-berang laut menerima kue es dengan lobster di Akuarium Toba di Toba, Prefektur Mie, pada tanggal 20 Mei (Yomiuri Shimbun)

Berang-berang laut berusia 20 tahun ini menerima sebuah kue es dari keeper-nya sebagai pengganti surat pengangkatannya sebagai duta pada tanggal 20 Mei lalu. Ia dengan cepat melahap lobster yang ada di atas kue tersebut setelah meletakkannya di atas perutnya.

Berang berang akuarium toba
"May" memegang bendera bertuliskan "Mei-chan desu, Yoroshiku ne!" yang berarti "Hai namaku Mei, Salam kenal!" (Yomiuri Shimbun)

Akuarium Toba juga memiliki berang-berang laut betina lainnya, bernama Kira yang berusia 16 tahun. Saat ini hanya ada tiga berang-berang laut yang dipelihara di akuarium di Jepang. Menurut Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium Jepang, ada 122 ekor berang-berang laut yang dipelihara di akuarium di  seluruh Jepang pada puncaknya di tahun 1994. Namun, jumlah tersebut berangsur-angsur menurun karena alasan-alasan seperti kesulitan untuk mengembangbiakkan keturunan.

Rata-rata umur berang-berang laut adalah sekitar 20 tahun. Dengan adanya larangan ekspor berang-berang laut oleh Amerika Serikat, berang-berang laut mungkin tidak akan terlihat lagi di akuarium-akuarium Jepang dalam beberapa tahun ke depan.

Kota ini, yang menganggap dua berang-berang laut betina itu sebagai pemandangan langka khas Toba, berharap dapat menjadikan May untuk mempublikasikan akuarium tersebut.