Berita Jepang | Japanesestation.com

Piano legendaris buatan Kawai Musical Instruments Manufacturing Co. kemungkinan akan dimainkan saat perhelatan Osaka-Kansai Expo 2025 mendatang. Piano berwarna hijau zamrud ini dibuat untuk Osaka Expo 1970 dan disimpan di sekolah menengah Uda, Prefektur Nara. Dilansir dari The Japan News, pihak pemerintah Prefektur Nara memang berencana memainkan piano ini saat pameran Osaka-Kansai Expo 2025 berlangsung. "Kami berharap piano ini bisa berperan sebagai penghubung kedua pameran," ujar salah satu pejabat Prefektur Nara.

Saat penyelenggaraan Osaka Expo 1970, Kawai Musical Instruments Manufacturing memamerkan tiga piano, dua di antaranya berwarna hijau. Salah satu piano disimpan di dalam sekolah menengah Uda sementara lainnya berada di sekolah lain di Malaysia. Piano ketiga yang berwarna putih kinu telah disimpan oleh perusahaan makanan Kikkoman Corp.

Grand Piano hijau saat digunakan pada Osaka Expo 1970.
Grand Piano hijau saat digunakan pada Osaka Expo 1970 (Kawai Musical Instruments Manufacturing Co via Yomiuri Shimbun).

Hirohiko Miura selaku koordinator piano Kawai Musical Instruments Manufacturing telah mengunjungi sekolah menengah Uda untuk memeriksa kondisi piano pada Februari lalu. Menurutnya, piano legendaris ini masih dapat dimainkan dengan beberapa perbaikan terlebih dahulu. "Saya lega karena piano ini digunakan dengan hati-hati. Kami bisa memulihkan suaranya hingga mendekati saat dimainkan di Osaka Expo 1970," ujarnya.

Akifumi Yoshida, kepala ruang promosi pameran menuturkan harapannya terhadap piano legendaris ini. "Saya berharap kita bisa memanfaatkan piano ini dengan sebaik-baiknya sebagai warisan pameran tahun 1970."

Pihak perusahaan berencana untuk mengadakan perbaikan skala penuh mulai bulan Juni. Pemerintah Prefektur Nara juga mempertimbangkan untuk mengenalkan piano ini melalui acara yang akan berlangsung antara September hingga November tahun ini. Negosiasi dengan Japan Association for the 2025 World Exposition untuk membuka peluang dimainkannya piano ini juga sedang berlangsung.