Share on

Pasangan kekasih tinggal bersama sebelum menikah telah menjadi budaya baru yang diterima secara luas oleh masyarakat Jepang. Tetapi masih ada beberapa kendala dalam pengaturan tempat tinggal.

Advertise With Us

Pertama, pasangan perlu mengeluarkan biaya yang besar di awal untuk menyewa apartemen atau rumah di Jepang. Biaya ini perlu dibayarkan langsung setelah mereka memutuskan apartemen mana yang akan mereka sewa.

Pasangan Jepang
Pasangan Jepang (pakutaso.com)

Selain uang jaminan dan biaya sewa awal (biasanya untuk minimal sewa satu tahun), biaya agen perumahan yang biasanya setara dengan harga sewa satu bulan pun termasuk yang harus dibayarkan langsung. Ada pula biaya yang dikenal sebagai “reikin” atau "uang kunci", yang pada dasarnya adalah gratifikasi kepada tuan tanah (pemilik asli apartemen/rumah) yang biasanya setara dengan harga sewa dua bulan berikutnya.

Lalu ada fakta bahwa banyak apartemen di Jepang tidak dilengkapi dengan AC, kompor/oven, atau bahkan lampu, jadi semua itu harus dibeli sendiri. Selain itu, pasangan yang tidak memiliki mobil juga harus menyewa jasa perusahaan pindahan untuk mengangkut barang-barang mereka.

Sekarang, jika kamu telah memiliki keinginan untuk berbagi hidup kamu dengan seseorang, semua biaya itu mulai terdengar seperti investasi yang sangat sepadan. Tetapi jika kamu tidak yakin 100% persen cinta akan bertahan selamanya, itu adalah risiko finansial yang besar, terutama jika ternyata kamu tidak suka tinggal bersama. Dengan semua resiko kerugian tersebut, wajar bagi pasangan Jepang untuk merasa sangat khawatir tentang tinggal bersama. Tetapi masalah ini adalah sesuatu yang ingin dibantu oleh Otameshi Dosei.

Otameshi Dosei
Salah satu ruangan apartemen studio yang disewakan Otameshi Dosei (soranews24.com)

Otameshi Dosei adalah cara bagi pasangan di Jepang yang ingin mencoba tinggal bersama untuk melihat seberapa cocok kepribadian mereka, dan siapkah mereka untuk langkah tersebut dalam hubungan mereka.

Otameshi Dosei menawarkan sewa apartemen jangka pendek, yang dilengkapi dengan fasilitas perabotan dan Wi-Fi. Mereka baru saja meluncurkan program baru yang memungkinkan pasangan untuk menyewa apartemen studio yang nyaman, paling sebentar selama satu minggu, dengan harga mulai dari 15.000 yen.

Otameshi Dosei
Properti lainnya yang disewakan Otameshi Dosei (soranews24.com)

Tidak perlu membayar biaya agen perumahan, reikin, dan membeli furnitur apapun, pasangan dapat fokus pada kehidupan mereka dan menghabiskan waktu bersama, tanpa harus menghabiskan ratusan ribu yen di awal keputusan. Tidak diperlukan penjamin atau penandatanganan kontrak bersama, Otameshi Dosei juga dengan senang hati memberi tahu calon penyewa bahwa layanannya terbuka untuk pasangan dari jenis kelamin dan kebangsaan apapun.

Otameshi Dosei menyediakan layanan sewa apartemen ini di Tokyo, Osaka, Sapporo (Hokkaido), dan Naha (Okinawa). Permintaan untuk daftar sewa selama satu minggu saat ini dapat dilakukan melalui situs web resmi mereka di sini.