Share on

Di Jepang, bisnis hiburan malam seperti host dan hostess club sangatlah biasa. Setiap harinya, klub-klub ini selalu dipenuhi pria dan wanita yang rela menghabiskan uang mereka. Hal ini tentunya membuatmu berpikir kan, mengapa orang Jepang suka menghabiskan waktu (dan uang) mereka di host dan hostess club?  Apa yang membuat club ini begitu populer?  Nah, mari kita telusuri.

Advertise With Us

Hostess Club vs Host Club

Hostess club Jepang merupakan salah satu bagian dari bisnis dan kultur hiburan malam di Jepang sekaligus spot berkumpul bagi para pria dengan klien, rekan kerja, atau teman-teman mereka. Biasanya, para pria datang berkelompok setelah bekerja dan membicarakan tentang bisnis dan kehidupan mereka sementara para hostess menuangkan minuman ke gelas-gelas mereka.

Para hostess ini biasanya duduk di sebelah para pria lalu mendengarkan semua yang dikatakan para pelanggannya itu dan menuangkan serta mengisi kembali minuman para pelanggan sembari ikut menikmati minuman bersama mereka. Terkadang, para hostess juga bernyanyi untuk menghibur para pelanggannya.

Host dan Hostess Club Jepang japanesestation.com
Seorang hostess tengah menemani tamunya (livejapan.com)

Di sisi lain, host club Jepang merupakan sebuah spot populer bagi para wanita untuk duduk dan mengobrol bersama pria-pria tampan yang selalu siap sedia mendengar keluh kesah mereka dan meyelipkan kata-kata manis bagi para pelanggannya. Bedanya, biasanya para wanita yang datang ke host club datang berkelompok bersama teman atau datang sendirian dibanding datang bersama rekan kerja mereka.

Host dan Hostess Club Jepang japanesestation.com
Seorang host tengah menemani tamunya (japanese-school.asahi.com)

Intinya, bisnis host dan hostess ini serupa, untuk memberi klien mereka perhatian, pujian, dan berakting sebagai seorang pacar sementara yang siap menemanimu.  

Nah, ada yang perlu diluruskan nih. Banyak orang di luar Jepang berpikir kalau klub-klub ini serupa dengan strip club di negara-negara barat. Padahal, host dan hostess club sama sekali tidak begitu lho, tidak ada prostitusi ataupun aktivitas seksual dalam klub. Struktur dan tujuan klub hanyalah membuat para host dan hostess mengumpulkan klien-klien setia untuk selalu mengunjungi dan menghabiskan uang mereka di klub. Namun, ada pengecualian, di mana ada pula host atau hostess yang tidur bersama klien mereka, tapi biasanya itu di luar pekerjaan.

Mengapa Orang Jepang Datang ke Host & Hostess Club?

Host dan Hostess Club Jepang japanesestation.com

Seorang host tengah menemani tamunya (japanese-school.asahi.com)

Mungkin salah satu yang membuat host & hostess club populer di Jepang adalah karena banyak orang Jepang yang bekerja untuk waktu yang lama dan membutuhkan waktu untuk berelaksasi atau setidaknya berbicara dengan seseorang yang tidak akan menjatuhkan mereka. Karena itulah, mereka pergi ke klub-klub tersebut. Waktu kerja yang panjang juga dapat membuat banyak orang kesulitan untuk mencari teman hidup, jadi saat pulang pun tak  ada yang menyambut mereka. Sementara itu, seorang host atau hostess dapat membuatmu tidak merasa kesepian dengan menemani dan mendengarkan semua keluh kesahmu serta memujimu.

Beberapa manager perusahaan juga terkadang membawa klien mereka ke sebuah bar hostess untuk sedikit bersantai, dan jika mereka diperlakukan dengan baik, kerja sama bisa lebih mudah kan?  

Sementara itu, host club banyak dikunjungi oleh wanita yang juga merupakan seorang hostesses atau wanita yang bekerja di industri seks. Mereka datang untuk minum bersama seorang host dan membicarakan tentang masalah mereka. Para host ini akan berusaha untuk “menyembuhkan” para wanita dengan menemani dan mendengarkan keluh kesah mereka.

Host club juga kerap dikunjungi oleh para wanita yang suaminya bekerja di perusahaan untuk waktu yang panjang dan kesepian karena tinggal sendirian di rumah. Karena itu, mereka pergi ke sebuah host club agar merasa spesial dan mendapat perhatian yang tidak bisa mereka dapatkan dari suami mereka.

Berbincang dengan host dan hostess juga menjamin rahasiamu karena mereka profesional, jadi, mereka bisa berperan sebagai 'psikolog alternatif'. Satu lagi, host dan hostess sama sekali tidak terkait dengan bisnis prostitusi, sangat aman!

Jadi, kira-kira itulah yang membuat host dan hostess club begitu populer di mata orang Jepang. Atau, kamu punya teori lain mengapa dua klub ini selalu dipadati orang-orang di Jepang? Berikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Sumber:

Japan Info

Live Japan