Berita Jepang | Japanesestation.com

Teman-teman yang hobi memperhatikan perkembangan media sosial atau berita-berita artis Jepang, mungkin pernah mendengar aplikasi Clubhouse? Aplikasi satu ini memang lagi booming banget nih di Jepang dan artis-artis Jepang pun sudah cukuo banyak yang memakainya! Tapi, sebenarnya aplikasi seperti apa sih clubhouse itu?

Jadi, Clubhouse adalah sebuah aplikasi audio sosial pribadi yang saat ini baru bisa digunakan oleh para pengguna Apple. Nah, aplikasi buatan San Francisco ini membuat para para penggunanya harus diundang terlebih dahulu, jadi meski teman-teman bisa mengunduh aplikasinya lewat App Store secara bebas, tak akan bisa mendaftar jika tak mendapat undangan.

clubhouse jepang japanesestation.com
Clubhouse (japantimes.com)

Pengguna Clubhouse dapat mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi  tentang berbagai topik menarik. Teman-teman juga dapat mendengarkan podcast live eksklusif secara langsung.  

Huawei MatePad Pro

Fitur menarik Clubhouse juga membuat para penggunanya dapat membuat atau masuk ke dalam “rooms” dan dikategorikan sebagai anggota moderator, speaker, atau audience. Moderator memiliki beberapa kekuasaan seperti apat berbicara dan membuat nominasi beberapa pengguna untuk masuk ke dalam room, sementara audience dapat mendengarkan secara privat.  

Nah di Jepang sendiri, aplikasi ini dirilis pada Maret 2020 lalu, saat pandemi COVID-19 menyebar dan mulai mencapai titik tertingginya satu bulan lalu dengan membengkaknya jumlah pengguna dari kalangan investor, pekerja industri teknologi, dan media.

Kepopulerannya memang tak aneh. Clubhouse datang di tengah pandemi COVID-19 yang membatasi interaksi sosial secara mendadak sekaligus menyajikan sebuah forum alternatif dari Twitter, salah satu media sosial tersukses di Jepang.

Dan seperti sudah disebutkan sebelumnya, cukup banyak nama-nama besar Jepang yang menggunakan aplikasi Clubhouse. Misalnya saja, komedian Naomi Watanabe atau Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Regulasi, Kono Taro. Baru-baru ini, mantan member Terrace House seperti Niino Toshiyuki juga kabarnya menggunakan Clubhouse lho!

Aktor kabuki Ebizo Ichikawa, fotografer Mika Ninagawa dan desainer fashion Keita Maruyama juga cukup aktif di Clubhouse.

Miliarder Yusaku Maezawa juga mulai aktif di Clubhouse untuk berbicara mengenai giveaway uang tunainya, membuat akun Twitter miliknya menjadi akun dengan followers terbanyak, lebih dari 10 juta orang!

Sementara itu di sektor media, Asahi Shinbun juga sudah meluncurkan podcast mereka sendiri di Clubhouse.

clubhouse jepang japanesestation.com
Clubhouse yang digunakan oleh politikus Jepang (asia.nikkei.com)

Di bidang politik, seiring semakin dekatnya pemilu, para anggota parlemen pun mulai menggunakan Clubhouse sebagai media untuk menarik perhatian calon pemilih mereka.

Nah, karena banyak yang menganggap kalau kepopuleran aplikasi Clubhouse ini hanya dampak pandemi COVID-19 yang membuat interaksi sosial terhambat, akankah popularitasnya menurun setelah vaksin COVID-19 disebarkan nanti?

Sumber:

Japan Today

Nikkei

Tokyo Weekender