Share on

Sore hari merupakan waktu yang sangat baik untuk menikmati teh hangat sambil bersantai. Akan tetapi pandemi ini membuat kita tidak dapat pergi ke kafe-kafe untuk menikmati waktu minum teh di sore hari. Meskipun begitu, kita tentunya masih bisa menikmati waktu minum teh di rumah masing-masing. Saat menikmati teh, tentu saja kurang lengkap jika tidak ditemani dengan camilan-camilan manis. Berikut ini adalah 7 camilan Jepang yang cocok untuk menemani waktu minum teh.

Advertise With Us

1. Yokan

Yokan ini merupakan camilan yang dibuat dari pasta kacang adzuki, agar-agar, dan gula, dan diisi dengan kacang atau buah kering. Yokan ini dapat bertahan dalam waktu lama bahkan tanpa dimasukkan ke dalam kulkas. Yokan sendiri memiliki dua jenis, yaitu neri yokan dan mizu yokan.

kue yokan
Yokan (sumber: sweetsofjapan)

2. Manju

Manju merupkan camilan berupa kue yang berisi kacang, biasanya dikukus atau dipanggang, dan kadang-kadang digoreng dalam minyak panas. Manju memiliki banyak jenis tergantung dari daerah-daerah yang membuatnya. Namun yang paling terkenal adalah Sukawa manju dari Fukushima, Shiose Manju dari Tokyo, dan Ohte manju dari Okayama.

Manju

3. Daifuku

Daifuku adalah mochi bundar yang manis yang diisi dengan pasta kacang adzuki. Camilan ini membuat tepung beras terasa lebih manis dengan menambahkan isi dalam mochinya. Daifuku, secara tradisional memang hanya berisi pasta kacang adzuki, namun sekarang daifuku telah memiliki banyak varian isi, yang paling terkenal adalah ichigo daifuku, yaitu daifuku yang berisi pasta kacang adzuki serta potongan buah stroberi.

Ichigo Daifuku (justonecookbook.com)

4. Dango

Dango merupakan salah satu camilan yang sering dijumpai di seri-seri drama atau anime yang berlatarbelakang di zaman Edo. Dango ini merupakan camilan berupa beberapa mochi yang ditusuk seperti sate, dan dibalut dengan saus. Ada beberapa jenis saus yang membedakan dango, namun yang paling populer adalah dango yang dibalut dengan saus mitarashi, yaitu campuran kecap.

Mitarashi Dango (tsunagujapan.com)

5. Senbei

Senbei merupakan camilan berupa cracker renyah yang disukai oleh orang-orang dari semua kalangan umur. Senbei memiliki berbagai jenis, mulai dari senbei simpel yang dibalut dengan kecap dan mirin hingga senbei dengan ebi atau udang kering.

senbei kue jepang
Senbei (sumber: sweetsofjapan)

6. Dorayaki

Camilan yang populer dalam anime Doraemon ini merupakan camilan berupa dua kue pancake yang mengapit pasta kacang adzuki. Selain kacang adzuki, dorayaki juga memiliki varian dengan isi pasta Shiroan (kacang putih).

Dorayaki Doraemon japanesestation.com
Dorayaki (justonecookbook.com)

7. Taiyaki

Taiyaki merupakan makanan yang terkenal dalam festival-festival di Jepang. Camilan berbentuk seperti ikan yang berisi macam-macam pasta di dalamnya ini dibuat dengan adonan yang biasanya digunakan untuk membuat pancake atau waffle. Isi dalam taiyaki pun bervariasi, mulai dari krim coklat, mustard, dan bahkan keju, tidak hanya itu, para penjualnya juga sering menawarkan macam-macam rasa tergantung musim, seperti stroberi, melon, dan masih banyak lagi.

Etika sopan di Jepang japanesestation.com
Taiyaki (theculturetrip.com)

Nah, itulah camilan-camilan Jepang yang sangat cocok untuk menemani waktu minum tehmu di sore hari! Camilan manakah yang menjadi favoritmu?