Berita Jepang | Japanesestation.com

Menanggapi situasi pandemi yang terjadi saat ini, tentunya sangat sulit untuk mengadakan berbagai kegiatan yang mengharuskan banyak orang untuk berkumpul dalam satu tempat. Mengingat sulitnya mengantisipasi penyebaran dari Covid-19. Hal ini juga yang saat ini tengah dihadapi oleh industri pertunjukan seni tradisional di Jepang.

Di Jepang, pandemi berdampak sangat besar terhadap para seniman pertunjukan seni tradisional. Diketahui, akibat pandemi beberapa pertunjukan tradisional harus dibatalkan dan hal ini tentunya meresahkan bagi para seniman yang menjadikan pertunjukan seni sebagai mata pencaharian mereka.

Menanggapi situasi bertahan hidup tersebut, para seniman mencoba mencari alternatif untuk tetap dapat menjangkau audiens mereka meskipun jarak memisahkan. Dan pertunjukan online akhirnya dijadikan solusi untuk menjangkau audiens dengan cara yang lebih segar dan tentunya dalam jangkauan yang lebih luas.

Huawei MatePad Pro

Melalui Art Council Tokyo, salah satu pertunjukan seni tradisional Jepang yaitu pertunjukan teater noh, kemudian dibawakan dan dihadirkan dalam bentuk video yang diunggah melalui kanal Youtube mereka. Video yang disertai subtitle bahasa Inggris, tersedia untuk umum, dan dalam waktu yang terbatas ini berjudul “Noh Online: Funa Benkei, Legendary Hero, Riding the Wave from Tokyo to the World”.

Funa Benkei
Pertunjukan Teater Noh Online: Funa Benkei (artscouncil-tokyo.jp)

Funa Benkei sendiri merupakan pertunjukan teater noh terkenal yang menggambarkan tokoh-tokoh sejarah penting, seperti shōgun pertama Jepang, Minamoto no Yoritomo, dan biksu pejuang Benkei yang sering menjadi subjek dalam sastra Jepang.

Lebih lanjut, terkait pertunjukan teater noh “Funa Benkei” kalian dapat menontonnya di kanal Youtube Arts Council Tokyo secara gratis, dan akan tersedia hingga akhir Maret 2021. Informasi lebih lanjut terkait cerita dan detail pertunjukan, kalian dapat kunjungi website acara dari Arts Council Tokyo, ya!