Share on

Semua orang tentunya menyimpan rahasia, tak terkecuali pasangan yang telah menikah. Ya, memang banyak pasangan yang telah menikah mengklaim bahwa tak ada rahasia di antara mereka. Namun, beda cerita jika menyangkut masalah keuangan. Dan itulah yang terjadi pada pasangan Jepang saat ini.

Advertise With Us

Dilansir dari Nippon.com, dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Matsui Securities terhadap 400 orang berusia 20 hingga 30 tahunan yang telah menikah selama kurang dari 3 tahun dan 400 orang berusia 50 hingga 60 tahunan yang telah menikah selama 30 tahun atau lebih, 67% responden mengatakan bahwa mereka tidak menyembunyikan apapun dari pasangan mereka. Namun, jika menggali lebih dalam, nyatanya hal ini tak sepenuhnya benar.

pasangan Jepang gaji japanesestation.com
Ilustrasi suami istri Jepang (pakutaso.com)

Saat ditanya terkait apakah mereka jujur akan pendapatan pada pasangan mereka, 62% responden mengatakan mereka jujur, sementara 13% mengatakan mereka berpura-pura mendapat upah yang lebih kecil dibanding kenyataannya, dan 25% responden mengatakan mereka tidak mengatakan tentang gaji mereka sama sekali pada pasangan. Dengan kata lain, lebih dari sepertiga responden berbohong pada pasangan mereka. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita memiliki kemuungkinan lebih kecil untuk mengakui penghasilan mereka dengan jujur dibandingkan pria, dengan hanya 59% wanita yang melakukannya.

Saat ditanya tentang tabungan, 47% responden mengatakan bahwa mereka jujur pada pasangannya terkait berapa banyak uang yang mereka tabung, meski 53% mengatakan mereka tak jujur. Dan lagi-lagi, tren menyimpan rahasia lebih populer di kalangan wanita, dengan 57% di antaranya mengatakan bahwa mereka tidak jujur dengan isi tabungan mereka.

suami istri
Pasangan suami istri Jepang (pakutaso.com)

Para responden yang mengatakan bahwa mereka “menurunkan” jumlah pendapatan atau tabungan mereka pun ditanyai seberapa banyak mereka menurunkannya. Ternyata, rata-rata mereka yang berusia dua puluhan dan tiga puluhan mengurangi 50.000 yen dari pendapatan bulanan dan 500.000 yen dari tabungan mereka, sementara mereka yang berusia lima puluhan dan enam puluhan menurunkan 30.000 yen untuk pendapatan bulanan dan 1.000.000 yen untuk tabungan. Bahkan, ada beberapa responden yang menyembunyikan beberapa juta yen secara diam-diam

Nah, itulah rahasia yang kerap disimpan pasangan Jepang yang telah menikah. Apakah pasangan suami-istri di Indonesia juga seperti ini? Bagaimana menurutmu?