Share on

Jika sudah lama menetap di Jepang, ada kalanya kita diundang ke rumah seseorang. Nah, sebagai tamu, apa yang harus kita lakukan agar tidak membuat tuan rumah tersinggung? Apa ada etika khusus ketika  bertamu di Jepang? Jangan khawatir, JS punya info tentang etika bertamu Jepang nih. Ayo simak!

Waktu dan Pakaian

Begini Etika Bertamu Jepang, Jangan Sampai Salah!
Perhatikan waktu ketika bertamu di Jepang (livejapan.com)

〇 Waktu

Ketika mengunjungi rumah orang Jepang, jangan lupa untuk mmeberi tahu tanggal dan jam berapa kamu akan berkunjung. Jika kamu datang tanpa memberitahu terlebih dahulu, akan dianggap tidak sopan. Selain itu, hindari datang sebelum waktu yang sudah dijanjikan, bisa saja pemilik rumah belum siap. Jika terlambat, beri tahu terlebih dahulu ya.

〇 Pakaian

Berpakaian juga ada etikanya lho. Etika berpakaian ini bergantung pada seberapa dekat kamu dengan si tuan rumah, atau dalam rangka apakah kunjungan yang kamu lakukan. Jika dalam acara resmi, datanglah dengan pakaian yang bersih dan rapi. Menggunakan pakaian dengan bahan dan warna sesuai musim juga bisa memberi impresi baik dari tuan rumah lho, jadi lebih baik dilakukan ya!

Nah, ada aturan tertentu nih kalau masuk ke dalam rumah bernuansa Jepang. Kamu harus menggunakan pakaian yang membuatmu nyaman duduk di lantai. Selain itu, sebaiknya gunakan stocking atau kaus kaki karena sepatumu harus dilepas.

Etika Sebelum Masuk Rumah

Begini Etika Bertamu Jepang, Jangan Sampai Salah!
Melepas sepatu di genkan (japan-talk.com)

Melepas jaket sebelum masuk rumah merupakan hal lazim di Jepang. Nah, berilah salam pada tuan rumah ketika mereka mengizinkanmu masuk ke area genkan. Lalu lepaslah sepatumu ketika tuan rumah berkata "agatte-kudasai" ("mari masuk").  Ketika melepas sepatumu atau menutup pintu, jangan membelakangi tuan rumah; tutuplah pintu sambil berdiri di posisi yang sama. Pastikan sepatumu ditaruh dengan rapi ya.

Etika Memberi Hadiah

Begini Etika Bertamu Jepang, Jangan Sampai Salah!
Di Jepang, memberi hadiah ketika bertamu merupakan sesuatu yang umum (livejapan.com)

Orang Jepang juga punya kebiasaan memberi hadiah saat mengunjungi seseorang. Hadiah paling umum biasanya adalah wagashi (kue kue manis Jepang) dan buah-buahan. Namun, jika kamu tahu benda apa yang mereka suka, berikanlah benda itu.  Jika hadiah yang kamu bawa harus tetap dalam keadaan dingin atau beku, berikanlah pada tuan rumah di genkan. Jika kebalikannya, berikanlah ketika sudah memasuki sebuah ruangan.

Apa yang harus kamu lakukan ketika sudah di dalam rumah?

〇Ruangan bergaya Jepang

Begini Etika Bertamu Jepang, Jangan Sampai Salah!
Ruangan ala Jepang (japan-talk.com)

Jika kamu diundang ke dalam ruangan bergaya Jepang, jangan duduk di atas zabuton (bantal duduk) sebelum tuan rumah datang dan pilihlah tempat dekat pintu masuk di mana kamu tidak akan menghalangi jalan. Berikan salam ketika tuan rumah masuk ke dalam ruangan, dan berikan hadiahmu di saat yang sama. Ketika memberikan hadiah, pastikan kamu sudah mengeluarkan hadiah dari tas dan memberikannya menghadap ke penerima. Duduklah ketika tuan rumah mempersilakanmu duduk di zabuton. Hati-hati jangan sampai menginjak zabuton-nya ya.

〇Ruangan gaya barat

Begini Etika Bertamu Jepang, Jangan Sampai Salah!
Ruangan gaya barat (wow-j.com)

Jika kamu diajak masuk ke ruangan ala barat dan diminta untuk menunggu terlebih dahulu, duduklah di kursi yang paling dekat dengan pintu ke luar.  Ketika tuan rumah masuk, berdiri dan menunduk sambik memberi salam. Berikan hadiahmu setelah memberi salam.