Share on

2. Bentuk Tubuh

Bentuk Tubuh
Bentuk tubuh orang Jepang, Korea, dan Cina (jpninfo.com)

Pertama, penting untuk diingat bahwa bentuk tubuh setiap orang berbeda, bisa tergantung pada banyak faktor dan salah satunya adalah gaya hidup. Orang kurus dan orang gemuk ada di seluruh dunia dan hal itu dapat memengaruhi ukuran tubuh, jadi etnis tidak selalu menentukan berat badan.

Advertise With Us

Bisa dibilang bahwa bentuk tubuh adalah campuran dari gen, pola makan, dan gaya hidup. Namun, secara umum diamati bahwa orang-orang dari Korea, Cina, dan Jepang cenderung memiliki postur tubuh yang pendek dan ramping yang serupa. Menurut Japan's National Health and Nutrition Survey, tinggi rata-rata pria di Jepang adalah 160,3cm, dan 148,9cm untuk wanita. Sedangkan tinggi rata-rata untuk pria Cina adalah 169,4cm, dan Korea 175,26cm.

Perbedaan

1. Fitur Wajah

Orang Asia
Orang-orang Asia (jpninfo.com)

Warga dari ketiga kebangsaan ini mungkin terlihat agak mirip, tetapi jika diperhatikan lebih dekat, kamu akan melihat beberapa perbedaan dalam fitur wajah. Wajah orang Jepang umumnya lebih panjang dan lebar, sedangkan wajah orang Korea memiliki rahang yang lebih menonjol dan tulang pipi yang lebih tinggi. Wajah orang Tionghoa bervariasi, tetapi Tionghoa Han memiliki wajah yang lebih bulat.

Mata orang Jepang sering digambarkan lebih besar dan melengkung ke bawah, berlawanan dengan mata orang Cina yang biasanya melengkung ke atas. Orang Korea seringkali memiliki mata yang lebih kecil. Tetapi sekali lagi, hal ini bisa berbeda karena berbagai faktor!

2. Gaya Berpakaian

Gaya Berpakaian
Contoh gaya berpakaian orang Korea saat musim gugur (jpninfo.com)

Orang Jepang menghargai harmoni dan keseragaman, oleh karena itu ketika mereka berdandan, berbaur dengan mayoritas. Warna yang sederhana dan lembut adalah kunci dari pakaian khas Jepang, tidak ada yang terlalu menonjol. Mereka hanya mengenakan pakaian yang menonjol dalam acara tertentu yang memang mengharuskan mereka untuk berpakaian seperti itu.

Berbeda dengan Jepang, kebanyakan mereka dari Korea mengenakan pakaian yang cerah dan lebih berwarna. Selain itu, fashion Korea selalu mengikuti tren, sedangkan fashion Jepang lebih menekankan pada sentuhan pribadi yang kecil. Sedangkan orang Cina cenderung cukup beragam, termasuk pengaruh dari mode Jepang, pakaian gaya barat, dan tren Asia Tenggara.

3. Riasan

Makeup
Makeup (jpninfo.com)

Saat wanita Jepang merias wajah, mereka menggunakan warna netral yang terlihat natural, meskipun ada juga beberapa gaya ekstrim seperti ganguro, decora, dan banyak lagi. Wanita Cina biasanya menyukai tampilan smoky dengan lipstik merah, dan wanita Korea terkadang menyukai tampilan natural dengan "alis lurus". Tentu saja, setiap orang berbeda dan memiliki gaya mereka masing-masing, juga pastinya terpengaruh trend yang ada pada saat itu.