Share on

Tren kecantikan dan fashion di Jepang tidak hanya tentang geisha dan kimono. Dalam beberapa tahun terakhir, Jepang mulai di kenal dunia dengan beberapa gaya pakaian yang aneh, unik, dan gila. Tidak hanya anak-anak muda di Jepang, banyak juga anak-muda di seluruh dunia yang menggilainya. Mulai dari yang imut sampai dengan yang seksi, berikut adalah beberapa tren fashion terunik dari Jepang.

Advertise With Us

1. Lolita

Lolita adalah salah satu tren fashion Jepang yang paling terkenal, terinspirasi dari pakaian bergaya Victorian dan Edwardian. Mengenakan gaun yang lucu atau rok, aksesoris pita atau renda, merupakan poin dalam gaya fashion ini. Tapi poin terpentingnya adalah terlihat imut seperti boneka.

Tren Fashion Unik dari Jepang
Gadis Jepang berpakaian dengan gaya Lolita di Harajuku (tokyofashion.com)

Ada berbagai jenis gaya Lolita, seperti Gothic Lolita; kombinasi dari gaya Gothic dan Lolita dengan pakaian dan riasan berwarna gelap, Sweet Lolita; menggunakan warna yang lebih cerah dan manis, Wa Lolita; menggunakan kimono dan desain tradisional Jepang.

2. Cosplay

Tren Fashion Unik dari Jepang
Moco, Cosplayer, Event Anime Japan 2017 (@moco_chick)

Cosplay adalah tren berpakaian seperti karakter dalam video game, manga, anime, kartun, film, dan lain-lain. Cosplay menjadi sangat populer di seluruh dunia, dan sejak saat itu banyak cosplayer-cosplayer hebat bermunculan, dan akhirnya memiliki banyak penggemar.

3. Kigurumi

Tren Fashion Unik dari Jepang
Kigurumi, tren fashion Jepang unik dengan kostum binatang yang imut (kizisstudio.com)

Tren yang satu ini berasal dari Shibuya, berawal dari gadis-gadis muda yang sering nongrong disana dan mereka menginginkan pakaian yang nyaman untuk digunakan. Tapi alih-alih mengenakan celana olahraga atau t-shirt, mereka malah mengenakan kostum binatang yang imut.

4. Decora

Tren Fashion Unik dari Jepang
Gadis Jepang berpakaian dengan gaya Decora di Harajuku (youtube.com, Tokyo Fashion)

Gaya Decora ini terkenal karena pakaian berlapis dengan banyak aksesoris atau accessorizing. Istilah accessorizing ini berarti bahwa kamu harus mengenakan semua aksesoris yang kamu punya, tetapi tetap harus menyesuaikan dengan pakaianmu. Poinnya adalah untuk terlihat cerah, penuh warna, dan dekoratif, sesuai dengan namanya.

5. Shironuri

Tren Fashion Unik dari Jepang
Shironuri, tren fashion Jepang melukis wajah dengan warna putih (tss-mag.com)

Dalam bahasa Jepang, Shironuri berarti “dilukis dengan warna putih”. Tren yang satu ini terinspirasi oleh riasan Geisha dan Kabuki dalam tradisi Jepang. Gaya pakaian yang digunakan bisa bervariasi untuk Shironuri, yang terpenting adalah mewarnai wajah dengan warna putih.

6. Ganguro

Ganguro ini sedikit berbeda dengan tren fashion Jepang lainnnya. Diterjemahkan sebagai “wajah gelap”, para gadis Ganguro menwarnai kulit mereka menjadi lebih gelap, memakai make-up dengan warna yang kontras, dan mewarnai rambut mereka dengan bleaching.

Tren Fashion Unik dari Jepang
Ganguro, gadis Jepang menggelapkan kulit sebagai bentuk pemberontakan (nipponnews.net)

Sebenarnya tren ini muncul dari pemberontakan beberapa orang yang menentang tradisi di Jepang, di mana kulit putih pucat seperti Geisha dan rambut hitam dianggap sebagai standar kecantikan tertinggi.

7. Visual Kei

Tren Fashion Unik dari Jepang
Visual Kei, tren fashion Jepang yang lebih banyak digandrungi oleh pria (mykindofjapan.wordpress.com)

Tren fashion yang satu ini sering kali ditampilkan dalam video musik dari penyanyi asal Jepang. Terkenal dengan androgyny, gaya rambutnya yang unik, riasan mata hitam, dan pakaian bergaya flamboyan. Terinspirasi dari gaya rock, punk, dan glam metal. Yang menariknya adalah tren fashion ini lebih banyak digandrungi oleh para pria daripada wanita.