Share on

Prefektur Saitama memang sering terlupakan, apalagi jika dibandingkan tetangganya, Tokyo yang jauh lebih populer. Tapi, tunggu dulu, jika diperhatikan, sebenarnya Saitama punya berbagai atraksi menarik lho yang gak kalah keren dengan Tokyo. Coba saja berpetualang ke Kawagoe alias “Little Edo” yang penuh dengan bangunan jadul ala Zaman Edo, melihat koleksi kereta di The Railway Museum, atau menaiki perahu di Nagatoro. Nah, buat kamu fans anime dan Studio Ghibli, bisa nih berkunjung ke bukit Sayama alias Hutan Totoro yang disebut-sebut menjadi inspirasi Hayao Miyazaki saat membuat animasi My Neighbor Totoro. Penasaran? Yuk, kita berkenalan lebih dekat dengan spot wisata di Prefektur Saitama!

Advertise With Us

 “Little Edo”  di Kawagoe

Spot wisata Prefektur Saitama japanesestation.com
Little Edo di Kawagoe, Saitama (en,japantravel.com)

Meski mungil seperti namanya, “Little Edo” di Kawagoe memiliki bangunan bergaya tradisional Jepang yang sangat fotogenik. Bangunan unik ini juga menjajakan berbagai camilan manis yang berbahan dasar produk unggulan Kawagoe lho, ubi Jepang. Nikmati es krim ubi sambil berjalan-jalan mengelilingi tempat ini!

Honmaru Goten  Kastil Kawagoe

Spot wisata Prefektur Saitama japanesestation.com
Taman di Honmaru Goten Kastil Kawagoe (tokyocreative.com)

Selain “Little Edo” Kawagoe juga punya kastil lho, namanya Kastil Kawagoe. Sayangnya, satu-satunya yang tersisa dari kastil yang berdiri pada tahun 1457ini hanyalah bangunan Honmaru Goten (本丸御殿), yang dulunya digunakan sebagai tempat tinggal dan kantor para daimyo.

Struktur Honmaru Goten yang sekarang didirikan pada tahun 1848, tepat sebelum akhir zaman feudal Jepang. Setelah direnovasi, tempat ini dibuka untuk umum pada tahun 2011. Di dalamnya, ada ruangan dengan lantai tatami, sebuah taman, dan berbagai gambar tentang sejarah Jepang. Pengunjung juga bisa duduk dengan 3 patung model  seorang daimyo dan bawahannya, membayangkan percakapan yang terjadi di ruangan itu.

The Railway Museum

Spot wisata Prefektur Saitama japanesestation.com
The Railway Museum (tokyocreative.com)

The Railway Museum adalah sebuah museum yang berisi tentang sejarah kereta Jepang dan memamerkan berbagai model kereta yang dulu pernah digunakan di negeri sakura ini.  

Koleksi yang tersimpan di museum ini sangat banyak, bahkan, ada lokomotif bertenaga uap! Kereta-kereta ini dapat dimasuki lho, asyik kan? Di bagian lain, konsep tentang jalur kereta dan sistemnya dijelaskan dengan model dan aktifitas langsung.

Museum ini juga menyajikan berbagai simulasi mengendarai kereta, termasuk simulasi kereta uap yang realistis. Asyiknya lagi, hampir semua simulasi ini tidak memiliki biaya tambahan!

Jika lelah, naik saja ke rooftop garden dan menikmati makanan di sana sambil melihat pemandangan kereta yang sesekali lewat di bawahnya. Untuk anak-anak, ada outdoor jungle gym dan area bermain juga lho. Bukan cuma itu, pengunjung juga bisa mencoba mengoperasikan kereta mini di area yang tersedia. Kapan lagi bisa begini kan? Jadi, jangan lupa berkunjung ya!

Hutan Totoro

Spot wisata Prefektur Saitama japanesestation.com
Petunjuk di Hutan Totoro. (tokyocreative.com)

Bukit Sayama yang berlokasi di Kota Tokorozawa, Saitama ini disebut-sebut merupakan tempat yang menjadi inspirasi My Neighbor Totoro, salah satu film terkenal Studio Ghibli. Kini, Totoro no Furusato Foundation bertanggungjawab untuk menjaga alam Bukit Sayama lho. Ingin tahu lebih jauh? Bisa baca ulasan tentang Hutan Totoro ini ya!

Berlayar dengan Perahu Tradisional di Nagatoro

Spot wisata Prefektur Saitama japanesestation.com
Pemandangan dari perahu (en.japantravel.com)

Terakhir, ada aktivitas menarik yang wajib kamu coba, menaiki perahu tradisional di Nagatoro! Dari perahu, kamu bisa menikmati pemandangan cantik di sekitarnya. Asyik kan?

Nah, itulah 5 spot wisata di Prefektur Saitama yang wajib dikunjungi. Gak kalah keren dengan Tokyo kan?

Sumber:

Japan Travel

Tokyo Creative

Japan Guide